Tak Bisa Melupakan Mantan? Setop dengan 6 Cara ini

oleh -112 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Siapa yang masih sering teringat mantan? Meski sudah berusaha move on, kadang kala bayang-bayang doi masih kerap muncul di benak pikiran secara tiba-tiba.

Itu tandanya kamu masih belum dapat melupakan dia, lho. Namun, tidak perlu khawatir, sebab itu hal yang normal bagi manusia. Tapi bagi kamu yang mulai terganggu akibat terlalu sering memikirkan seseorang, yuk, move on girls and boys. Jangan biarkan doi melemahkan mental dan aktivitas sehari-harimu. 

Berikut ini enam cara yang bisa kamu lakukan untuk melupakan seseorang yang kerap mampir di pikiran kamu

1. Sadar diri

Saat hubunganmu berakhir, bukan berarti kisah cinta berhenti sampai situ saja. Berhenti menyalahkan diri sendiri dan mulailah dengan kisah-kisah barumu hari ini, besok, dan seterusnya. Seiring waktu, kamu akan terlatih untuk melupakannya. Karena semakin kamu mencoba mengusir seseorang dari pikiranmu, dia akan semakin menjajah pikiranmu. 

Baca Juga  Pemadaman Listrik Besar-besaran di Ambon Selama 3 Hari, Ini Penjelasan PLN

2. Pahami perasaanmu

Terlalu sulit untuk melupakan seseorang? Mulailah dengan melepaskan segala perasaan dan emosi yang kamu rasakan. Marah, sedih, kecewa, dan hal lain yang mengganjal. Lepaskan kemarahan dan kebencian yang kamu pendam terhadap orang tersebut. Sebab, menahan amarah tidak sehat bagi mental dan justru memperpanjang rasa sakit. Cobalah untuk menurunkan ego dan menerima permintaan maafnya, walau itu sulit.

Meski tidak akan mengubah apapun yang telah terjadi sebelumnya, mengakui perasaan dengan jujur dapat mengurangi kesedihan dan membantumu agar merasa lebih baik dalam jangka waktu yang lama.

3. Menulis

Cara yang ke tiga ini mungkin akan sangat membantu bagi kamu yang kurang bisa meluapkan amarah dengan berbicara atau bercerita pada teman. Yaitu dengan menulis apapun yang kamu pikirkan dan rasakan. 

Mengeluarkan emosi dalam sebuah tulisan turut membantu kamu menyembuhkan patah hati atau amarah, lho. Biarkan perasaan tersebut mengalir ke dalam sebuah jurnal yang nantinya dapat kamu ambil pelajarannya. Dengan begitu, lambat laun pikiranmu akan terbiasa untuk lepas darinya.

Baca Juga  Yamin Akan Sulap Pulau Moti Jadi Destinasi Wisata Rusa

4. Tetapkan batasan

Cara lain untuk melupakan seseorang adalah dengan menetapkan batasan antara diri sendiri dengan orang lain. Tips ini mungkin cocok untuk melupakan mantan.

Apabila mantan kamu mengirimi pesan, yuk mulai untuk menjelaskan secara baik-baik bahwa kamu ingin move on darinya. Dengan begitu, kamu ataupun dia akan sama-sama paham dan tidak merasa terbebani satu sama lain. Hapus foto-foto lama kalian agar pikiranmu kembali jernih sehingga tidak ada lagi yang akan mengingatkanmu padanya.

5. Alihkan perhatianmu

Mengalihkan perhatianmu pada suatu tujuan pribadi juga bisa mengurangi rasa rindumu dengannya. Kamu dapat memulainya dengan memanjakan diri (self healing) dengan melakukan hobi atau sesuatu yang kamu gemari. 

Fokuskan dirimu untuk kehdupan yang akan datang. Luangkan waktumu dengan teman, keluarga, atau solo travelling. Sibukkan dengan melakukan hal-hal positif bagi hidupmu. 

Baca Juga  Polda Malut Periksa Kepala BPKAD Tikep Terkait Pencarian Rp 45,3 Miliar APBD-P Tahun Tahun 2020

6. Fokus pada hubungan lain

Cara yang terakhir, yaitu mulailah untuk melihat hubungan lain dalam kehidupanmu, seperti persahabatan atau keluarga. Hal ini dapat membantu kamu dalam mendapatkan energi positif, sama seperti yang kamu rasakan saat bersama orang yang kerap mampir dipikiranmu. Kamu tidak lagi terjebak dengan kenangan masa lalu dan berlarut-larut memikirkan orang tersebut. 

Itu dia enam cara yang dapat kamu lakukan untuk stop memikirkan seseorang, terutama mantan. Terlihat simpel, namun kenyataannya agak sulit, ya. Untuk itu jangan lupa menyiapkan niat dan tekat yang kuat, ya sebelum melakukan enam cara di atas agar usahamu untuk melupakaannya dapat sukses. Bagaimana menurut kamu, mau mencoba cara yang mana?

(red/suara)

No More Posts Available.

No more pages to load.