Uni Eropa Tutup Mata saat Ada Anggotanya Menjual Senjata ke Israel

oleh -14 views
Uni Eropa tutup mata ketika ada anggotanya menjual senjata ke Israel. Foto/AP

Porostimur.com, Gaza – Uni Eropa (UE) tidak memiliki ketentuan yang melarang perdagangan senjata dengan Israel yang sedang diadili di Mahkamah Internasional (ICJ) atas kasus genosida di Jalur Gaza.

Hal ini memungkinkan negara-negara anggota untuk melanjutkan ekspor dan impor dari Israel. Itu diungkapkan jurnalis dan penulis Irlandia David Cronin.

Merujuk pada tindakan sementara ICJ, Cronin berkata, “Tentu saja, hal ini seharusnya dilakukan lebih awal, tetapi hal ini memberikan sinyal yang sangat jelas bahwa negara-negara di seluruh dunia memiliki kewajiban untuk tidak membantu Israel dalam tindakan genosida terhadap warga Palestina.”

Cronin mencatat bahwa keputusan ICJ dapat menimbulkan kasus-kasus tambahan yang menantang kerja sama senjata antara Eropa dan Israel, sehingga menimbulkan kekhawatiran di beberapa negara.

Baca Juga  Israel Pakai Senjata Terlarang Buatan AS, 320 Orang Tewas dan Luka Bakar Parah dalam 48 Jam

“Saya pikir penting untuk menekankan bahwa kerja sama senjata – mungkin telah berkurang tetapi masih berlanjut antara Eropa dan Israel,” kata Cronin. Sayangnya, belum ada keputusan yang diambil oleh Uni Eropa untuk memberlakukan larangan perdagangan senjata dengan Israel.

Ketika Israel menyerang Gaza pada tahun 2014, pada tahun yang sama Uni Eropa memberlakukan embargo senjata terhadap Rusia karena mencaplok Krimea namun tidak menerapkan hal yang sama terhadap Israel, katanya. “Jadi, jelas ada standar ganda yang sangat jelas.”

No More Posts Available.

No more pages to load.