Wakil Menteri Agama Buka Pemilihan Duta Qasidah tingkat Nasional XXIV di Ambon

oleh -107 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Lebih kurang 500 peserta dari berbagai provinsi mengikuti Pemilihan Duta Qasidah tingkat Nasional XXIV yang diselenggarakan di Ambon, Maluku. Senin malam (25/11) di lapangan Mapolda Maluku.

Lomba yang digelar oleh DPP Lasqi (Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia) ini diikuti oleh 26 provinsi.  Senandung “Dari ujung Banda Aceh sampai Tanah Papua, kita semua basodara” mengawali pengenalan kontingae provinsi, dimulai dari Nangroe Aceh Darussalam hingga Maluku. Setiap perkenalan provinsi diiringi dengan lagu daerah masing-masing yang menunjukan kekayaan budaya Indonesia.

Acara pembukaan ditandai dengan menabuh rebana secara bersama-sama oleh Wakil Menteri Agama Zainul Tauhid Sa’adi, Wakil Gubernur Maluku Barnabas N Orno, Kakanwil Kemenag Maluku Fesal Musaad, Ketua DPP Lasqi Tarmidzi Tohor, Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Wakil Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler,

Wamenag Zainul Tauhid Sa’adi dalam sambutannya menyatakan, musik merupakan kekuatan yang dapat mempersatukan masyarakat Indonesia dalam berbagai keberagaman dan kebhinekaan.

“Musik merupakan anugerah terindah dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus terus dikembangkan dan dieksplor menjadi kekuatan yang dapat mempersatukan seluruh rakyat Indonesia dalam berbagai keberagaman, kebhinekaan dan keIndonesiaan,” terangnya.

Baca Juga  Stok sembako aman, Pemprov sikapi spekulan nakal

Musik menjadi pengikat untuk menjaga identitas sebagai masyarakat yang kaya akan keberagaman, baik suku, agama, bahasa, adat dan budaya. “Identitas kebudayaan menjadikan Indonesia yang dibangun melalui musik dan diterjemahkan dalam bahasa agama, harus terus dipelihara karena musik anugerah terindah dari Tuhan,” tambahnya.

Seni qasidah, ujarnya merupakan salah satu kesenian yang juga harus terus dipelihara dam dikembangkan.

“Seni qasidah hari ini dilombakan, diharapkan terus mengikuti perkembangan zaman,” lanjutnya.

Selain itu nilai seni qasidah harus dikembangkan melalui kolaborasi alat musik modern, tetapi juga tetap mempertahankan nilai tradisi yang menjadi kekuatan dari seni qasidah sendiri.

Pemilihan duta qasidah yang dilombakan saat ini, juga masih mempertahankan keasliannya, patut diberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi,” katanya.

Baca Juga  Gandeng HPAI dan RSUD Sanana, SDIT Insan Cendekia Gelar Pemeriksaan Gigi Gratis

Wamen Agama berharap seni qasidah menjadi perekat rakyat indonesia, karena seni atau musik merupakan anugrah terindah dari Allah SWT. 

“Nilai-nilai seni budaya harus terus dikembangkan atau disesuaikan dengan perkembangan zaman dengan tidak meninggalkan seni budaya itu sendiri. Saya berharap para pemangku kebijakan terus syiarkan seni Qasidah di Nusantara,” tutur Wamen.

Menurut Wamen, seni adalah keindahan yang dapat tampil dalam beragam bentuk dan cara. Selama arah dan tujuannya mengantar manusia menuju nilai yang luhur dan mulia, maka hal itu sangat dianjurkan. “Islam dapat menerima aneka ekspresi keindahan selama tidak bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan, nilai universal dan nilai lokal yang dapat diterima masyakat indonesia,” kata Wamen

Baca Juga  Pemerintah Provinsi Maluku Gelar Kegiatan Hari Anak Nasional Tahun 2019

Sementara itu, Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno mengatakan, atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Maluku mengucapkan selamat datang bagi para kafilah Lasqi Nasional di Kota Ambon. Menurut Wagub, Kota Ambon menjadi tuan rumah adalah momentum untuk menunjukan bahwa masyarakat Maluku adalah komunitas dunia dengan seni budaya tinggi yang menjangkau segala aspek kehidupan, termasuk keagamaan. Untuk itu, Ambon didualat UNESCO sebagai City of Music.

Selain tarian kolosal yang melibatkan ratusan siswa SLTA di Ambon, pembukaan juga diisi oleh paduan suara Remaja Masjid dan Remaja Gereja yang melantunkan beberapa lagu reliji. Para peserta pemilihan Duta Qasidah Tingkat Nasional ke-24 ini akan berloma hingga Jum’at (29/11) dan kepada juara umum akan memperoleh Piala Presiden RI. (red/ebot)