Wapres Turki Pastikan Ledakan di Istanbul Aksi Terorisme: Pelaku Wanita

oleh -30 views
Link Banner

Porostimur.com, Istanbul – Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengungkap pelaku ledakan maut di Istanbul, Turki yang menewaskan 6 orang dan menyebabkan puluhan orang terluka. Oktay memastikan ledakan di Istanbul Turki merupakan aksi terorisme.

Seperti dilansir CNN, Senin (14/11/2022), data terbaru melaporkan sebanyak enam orang tewas dan 81 lainnya terluka akibat ledakan di Istiklal, Istanbul, Turki tersebut. Oktay memastikan ledakan itu merupakan serangan terorisme.

“Kami menganggapnya sebagai tindakan teroris sebagai akibat dari seorang penyerang,” kata Oktay kepada wartawan.

Oktay menyebut pelaku terorisme tersebut adalah seorang wanita. Menurutnya, pelaku wanita itu yang meledakkan bom tersebut.

“Kami anggap seorang wanita, meledakkan bom itu,” kata Oktay.

Sementara itu, Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya mengatakan ledakan itu terjadi di Jalan Istiklal di Lapangan Beyoglu, di jantung kota terbesar di Turki. Dia mendoakan para korban meninggal dan korban luka imbas insiden tersebut.

“Kami berharap belas kasihan Tuhan bagi mereka yang kehilangan nyawa dan pemulihan yang cepat bagi yang terluka,” cuit Yerlikaya.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menduga ledakan itu sebagai aksi terorisme. Meski begitu, Erdogan sempat ragu atas pernyataannya itu.

“Mungkin salah jika kita mengatakan ini benar-benar teror, tetapi menurut temuan awal, apa yang dikatakan gubernur saya, bahwa ada bau teror di sini,” kata Erdogan pada konferensi pers.

Dia mengatakan pihak berwenang kini sedang meninjau rekaman CCTV. Dia menegaskan semua yang terlibat akan ditindak tegas.

“Semua tokoh yang bertanggung jawab akan diidentifikasi dan dihukum,” kata Erdogan.

(red/cnn/dtc)