Warga Desa Lokki Seram Bagian Barat Diminta Waspadai Banjir Susulan

oleh -22 views

Porostimur.com, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan agar mewaspadai banjir susulan di wilayah Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku.

Sebelumnya, hujan sedang hingga lebat telah membuat satu Kecamatan Huamual tergenang banjir hingga 50 cm. Pada Kamis (13/7/2023) sore, banjir merendam sejumlah rumah warga Desa Lokki.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seram Bagian Barat mencatat banjir menggenangi 82 unit rumah warga desa.

“Sedangkan populasi terdampak berjumlah 79 KK atau 374 jiwa,” ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya, Jumat (14/7/2023).

Banjir tidak dapat dihindari setelah hujan lebat berdurasi lama pada Kamis (13/7) dari pukul 16.00 waktu setempat atau WIT hingga pukul 21.00. Kondisi itu diperburuk dengan adanya tanggul jebol sehingga debit air meluap ke pemukiman. Sebelumnya fenomena banjir juga berlangsung di wilayah yang sama pada Minggu (9/7/2023).

Baca Juga  Jerman Jadi Tim Pertama ke 16 Besar Euro 2024, Swiss Berpeluang Menyusul

Dengan adanya peringatan dini cuaca di wilayah Seram Bagian Barat, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap waspada dan siap siaga. Pastikan keamanan dan keselamatan apabila warga akan melakukan evakuasi. Warga dapat menghubungi petugas BPBD untuk bantuan apabila membutuhkan pertolongan evakuasi.

No More Posts Available.

No more pages to load.