13 KK Suku Tobelo Dalam di Aketayawi-Lolobata Resmi Tercoklit Petugas Pantarlih

oleh -28 views

Porostimur.com, Tidore – Suku Tobelo Dalam atau O’Hongana Manyawa yang hidup di belantara kawasan Taman Nasional Aketajawe-Lolobata, Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan didatangi petugas Pantarlih guna pencoklitan data pemilih pilkada serentak 2024.

Ada sekitar 13 Kepala Keluarga (KK) dan 87 Pemilih yang menempati area di Dusun Tayawi, Desa Koli. Mereka merupakan warga Tobelo Dalam yang hidup dan beraktivitas di dalam kawasan hutan Halmahera.

Proses pencoklitan dipantau langsung oleh anggota KPU Kota Tidore Kepulauan Fitria Hi. Muhammad dan Sudirman Ismail, serta ketua dan anggota PPK Kecamatan Oba.

Ketua PPK Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan Rustam mengatakan, pencoklitan kepada warga Tobelo Dalam membutuhkan waktu, karena petuga harus terlebih dahulu mengumpulkan mereka yang beraktivitas di hutan.

Baca Juga  Pj. Gubernur Maluku Gelar Gala Dinner dengan Peserta International Conference IRSA Ke-19

“Mereka kebanyakan, tersebar di sejumlah titik di dalam hutan, maka membutuhkan waktu yang pas untuk mengumpulkan warga tersebut,” ucapnya, Minggu (7/7/2024).

Dia menambahkan, suku Tobelo Dalam ini, hanya percaya kepada kepala dusun, kepala suku, dan pende.

“Makanya, kami dari PPK dan PPS intens berkoordinasi dengan Kepala Desa Koli dan kepala dusun, dalam rangka melakukan pemberitahuan kepada mereka agar bisa turun untuk mengikutpPencoklitan,” ujarnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.