5 Warna Lidah yang Berbeda, Bisa Mendeteksi Suatu Penyakit?

oleh -24 views

Porostimur.com, Ambon – Salah satu alat indera manusia adalah lidah, dengan lidah kita dapat membedakan rasa pahit, manis, asin, serta masam. Lidah merupakan indera pengecap yang terdiri dari kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat mencerna makanan. Rangsang yang diterima indera pengecap (lidah) adalah larutan zat berasa. Larutan ini akan diterima oleh reseptor pengecap (papila) yang terdapat di lidah.

Tahukah kamu, ternyata lidah juga dapat berfungsi sebagai komponen pendeteksi penyakit pada tubuh. Hal ini bisa dilihat dari warna lidah kita. Normalnya, lidah manusia berwarna merah muda. Namun, ada beberapa perubahan pada warna lidah yang dapat mengindikasikan adanya suatu gangguan tertentu.

Baca Juga  BMKG: Waspada Gelombang Tinggi Hingga 2 Meter di Perairan Maluku Utara

Dilansir dari buku Ensiklopedia Mini Panca Indera Manusia oleh Rizky Utami yang diterbitkan oleh Penerbit ANGKASA Bandung, berikut ini beberapa penjelasan mengenai warna lidah yang bisa menjadi salah pendeteksi penyakit pada tubuh.

1. Lidah berwarna putih

Jika lidah berwarna putih, biasanya ia menderita tifus. Warna putih pada lidah juga bisa menandakan gejala flu atau gangguan pencernaan. Jika lidah putih tipis-tipis, biasanya penderita mengalami kekurangan darah.

2. Lidah berwarna merah

No More Posts Available.

No more pages to load.