8 Manfaat Puasa secara Psikologis, Berguna untuk Kesehatan Mental

oleh -24 views

Porostimur.com, Ambon – Banyak penelitian telah menemukan manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Namun, manfaat tersebut tidak hanya berdampak pada kondisi fisik, tetapi juga psikologis. 

Melansir dari webmd.com, salah satu manfaat yang dimaksud adalah peningkatan kadar keton, yaitu suatu senyawa kimia yang berfungsi sebagai sumber energi, yang terjadi saat seseorang tidak mengonsumsi makanan dalam jangka waktu tertentu.

Tentu saja, masih ada banyak manfaat lainnya yang dirasakan oleh tubuh secara psikologis saat melakukan puasa. Ingin tahu apa saja? Mari kita simak ulasan di bawah ini.

1. Mengurangi tingkat stres

8 Manfaat Puasa secara Psikologis, Berguna untuk Kesehatan Mental

Pekerjaan menumpuk, masalah dalam kehidupan pribadi, dan rentetan kegagalan adalah beberapa faktor pemicu stres yang kerap dialami oleh seseorang. Namun, siapa sangka, puasa nyatanya dapat membantu meminimalkan tingkat stres yang terjadi.

Link Banner

Melansir dari situs resmi Universitas Gadjah Mada, Dr. Ronny Tri Wirasto, Sp.KJ. selaku  Psikiatri sekaligus Ketua Program Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa FKKMK membenarkan, “Banyak hal yang dapat mengurangi tingkat stres, termasuk puasa.”

Pasalnya, dalam penjelasannya, puasa cenderung membuat seseorang mengatur jadwal makanan menjadi lebih baik. Alhasil, konsumsi makanan yang teratur berpotensi memengaruhi cara berpikir menjadi lebih teratur sehingga membantu mengurangi stres.

No More Posts Available.

No more pages to load.