Banyak Salah Konversi Suara di Sirekap, KPU Bilang Tak Ada Niat Manipulasi

oleh -68 views
Ketua KPU Hasyim Asy`ari (dok. KPU)

Porostimur.com, Jakarta – Ketua KPU Hasyim Asya’ri menegaskan tak ada niat dari penyelenggara pemilu untuk memanipulasi perolehan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hal ini dikatakan Hasyim merespons banyaknya kesalahan konversi perolehan suara dalam aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) sehingga tak sesuai dokumen C Hasil yang difoto petugas KPPS

“Tidak ada niat dan tindakan KPU beserta penyelenggara pemilu untuk melakukan manipulasi suara hasil perolehan suara per TPS hasil unggah Form C Hasil TPS dalam Sirekap,” kata Hasyim dalam keterangannya, dikutip Jumat (16/2/2024).

Hasyim menyampaikan, KPU menyadari terdapat kesalahan hasil perolehan suara yang merupakan konversi hasil pembacaan terhadap foto form C Hasil dari masing-masing TPS. KPU pun menyampaikan permintaan maaf.

Link Banner

“Terhadap kesalahan tersebut, KPU mohon maaf dan akan dilakukan koreksi,” ujar dia.

Baca Juga  Chelsea Vs Everton: Palmer Quattrick, The Blues Pesta Gol 6-0

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat, ada kesalahan konversi di aplikasi Sirekap dari formulir C Hasil yang diunggah petugas KPPS di 2.325 TPS. Hal ini berdasarkan perkembangan data Kamis (15/2/2024) pada pukul 19.30 WIB.

“Jumlah TPS yang salah konversi data dari form C hasil ke angka perolehan suara ada di 2.325 TPS,” kata Hasyim. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.