Basarnas Ternate Gelar Apel Penutupan Siaga SAR Khusus Lebaran 2021

oleh -39 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Berakhirnya kegiatan Siaga SAR khusus Lebaran tahun 1442 H, Kantor Pencarian Dan Pertolongan Basarnas Ternate menggelar apel penutupan siaga yang berlangsung di lapangan Upacara Basarnas Ternate. Senin, (24/5/2021).

Apel dipimpin langsung oleh Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah dan diikuti oleh seluruh personil yang terlibat dalam pelaksanaan siaga SAR khusus lebaran 2021.

Dalam amanatnya Arafah mengatakan, walaupun pelaksanaan siaga khusus kita masi dalam situasi pandemi Covid-19 namun kegiatan siaga tetap berjalan dengan lancar.

Seluruh personel kata Arafah, telah berfokus pada beberapa titik Posko Siaga Lebaran di Ternate seperti Pelabuhan Penyebrangan Dufa-Dufa, Pelabuhan Armada Semut, Pelabuhan Rakyat Bastiong, Pelabuhan ASDP Ternate dan sejumlah titik tempat pariwisata serta di Pos SAR maupun unit siaga.

“Alhamdulillah kegiatan siaga khusus ini telah kita laksanakan dengan baik, walaupun didalam pelaksanaan kita d hadapkan dengan beberapa musibah seperti orang hilang di gunung gamalama, speed boat hilang araha dan musibah banjir. Namun dapat kita tangani dan korban dapat diselamatkan,” ujarnya.

Baca Juga  Siswa Madrasah Aliyah Waisakai Bertaruh Nyawa untuk Sekolah

Arafah menambahkan, puluhan personel Basarnas Ternate, baik yang di kantor maupun Pos Sar Tobelo, Unit Siaga SAR Bacan, Unit Siaga SAR Morotai dan Unit Siaga SAR Sanana, telah dikerahkan dalam tugas Siaga SAR khusus ini.

Selain itu, kata dia, Basarnas Ternate sebelumnya juga menyiapkan alat utama (alut) darat, alut laut dan peralatan pendukung lainnya untuk menunjang kegiatan siaga SAR khusus ini, di antaranya KN SAR Pandudewanata, RB 309, Rigit Inflatable Boat (RIB), Rubber Boat, Rescue Truck, Rescue Truck Personil, D’max Compartement serta peralatan Emergency Kit (medis).

Basarnas Ternate melaksanakan siaga SAR khusus Lebaran 1442 H, dari tanggal 06-24 Mei 2021 sebagai antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. (adhy)