Brasil Bagian Selatan Dilanda Banjir Terburuk dalam 80 Tahun, Puluhan Orang Meninggal

oleh -7 views
Rumah dan jalanan terendam banjir setelah hujan lebat di Sao Sebastiao do Cai, negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil, Kamis, 2 Mei 2024. (AP Photo/Carlos Macedo)

Porostimur.com, Sao Sebastiao do Cai – Hujan deras dan banjir di negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil selatan telah menewaskan 39 orang, dan 68 orang lainnya masih belum ditemukan. Banjir terburuk dalam lebih dari 80 tahun itu telah merusak kota dan memaksa ribuan orang mengungsi dari rumah mereka.

Dilansir dari AP, Minggu (5/5/2024),  bencana ini adalah keempat kalinya terjadi, menyusul banjir pada Juli, September, dan November 2023 yang menyebabkan total 75 kematian.

Sebelumnya pada Kamis (3/5/2024), bendungan di pembangkit listrik tenaga air antara Kota Bento Goncalves dan Cotipora sebagian runtuh dan menyebabkan seluruh kota di lembah Sungai Taquari, seperti Lajeado dan Estrela, tenggelam. Di Kota Feliz yang berjarak 80 kilometer dari Porto Alegre, sungai yang meluap merobohkan jembatan yang menghubungkannya dengan kota tetangga Linha Nova.

Baca Juga  Bawaslu Maluku Perkuat Konsolidasi Pemberitaan dengan Media Massa

Infrastruktur seperti listrik, komunikasi, dan air telah terganggu di seluruh negara bagian. Lebih dari 24.000 orang telah mengungsi dari rumah mereka.

Warga bernama Isolete Neumann (58) yang tinggal di kota Lajeado di lembah Sungai Taquari mengungkapkan, situasi yang dilami sekarang belum pernah dia alami sebelumnya.

“Di depan rumah sakit, orang-orang membuat barikade dari pasir dan kerikil. Rasanya seperti saya berada dalam film horor,” ungkap Isolate yang harus mengumpulkan air hujan dalam baskom untuk kebutuhan memasak.

No More Posts Available.

No more pages to load.