Copot Kasrul Selang, Gubenur Tunjuk Sadli Lie Jadi Plh Sekda Maluku

oleh -2.979 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kasrul Selang tiba-tiba dicopot dari jabatannya selaku Sekretaris Daerah Provinsi Maluku pada Senin (19/7/2021).

Pergantian dilakukan sekira pukul 15.00 WIT, sore tadi di Kantor Gubernur Maluku.

Sebagai pelaksana harian, Gubernur Maluku Murad Ismail menunjuk Sadli Lie yang kini menjabat Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Maluku untuk menjalankan tugas.

Sejauh ini, belum diketahui alasan pencopotan Kasrul dari jabatannya itu, namun berdasarkan selentingan yang beredar di Kantor Gubernur Maluku, konon Surat Keputusan pengangkatan Pelaksana Harian Sekda Maluku sudah disiapkan sejak Jumat kemarin. Kasrul Selang sendiri tak mengetahui adanya proses pergantian.

“Jadi surat pergantian itu sudah ada sejak kemarin. Dan memang sudah beberapa hari lalu disiwapkan untuk menggantikan Kasrul dari jabatan Sekda Maluku,” ungkap salah satu sumber seperti dilansir ameksonline.

Kasrul sendiri hingga siang tadi masih tetap menjalankan tugas selaku Sekda Maluku. Rapat juga dilakukan seperti biasa. Sekira pukul 13.30 WIT, Kasrul baru diberitahu bahwa dia akan digantikan dan ditunjuk Plh.

Baca Juga  Perang Besar di Depan Mata, USA Terima Tantangan Perang China Langsung Pasang Rudal di Kapal US Navy

Informasi lainnya menyebutkan, pengusulan pergantian Kasrul Selang sebagai Sekda Maluku sudah disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri. Namun hingga kini belum ada kabar atas usulan tersebut.

“Sudah disiapkan pergantian itu. Surat pengusulan juga informasinya sudah dikirimkan. Makanya ditunjuk pelaksana harian Sekda gantikan Kasrul selang,” ungkap sumber ini.

Kasrul sendiri dilantik sebagai Sekda Maluku pada 2019 lalu, setelah Murad Ismail dilantik sebagai Gubernur Maluku.

Dalam catatan pemerintahan di Pemerintah Provinsi Maluku, baru kali ini jabatan sekda dipindah tangankan di tengah jalan.

Disitat dari ameksonline, selain menunjuk Sadli Lie sebagai Plh Sekda Maluku, gubernur juga menggantikan Kepala Bidang Pajak, Dinas Pendapatan Daerah, Eda Latuconsina.

Baca Juga  Anggota DPRD Maluku yang Ditangkap di Bandara Pattimura Positif Konsumsi Sabu

Eda sendiri adalah, adik Sam Latuconsina yang lebih dulu dicopot dari jabatan Komisaris Utama PT Bank Maluku-Maluku Utara.

Melki Lohy juga digeser dari jabatan Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda Provinsi Maluku.

Sebelum mutasi hari ini, Gubernur juga lebih dulu mencopot Meykel Pontoh dari jabatan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku. Hingga kini jabatan tersebut masih diisi pelaksana tugas.

(red/ameksonline)