Cuaca Sering Buruk, JPPR Malut Minta KPU Bungkus Kotak Suara

oleh -17 views

Porostimur.com, Tidore – Akhir-akhir ini, kondisi cuaca yang kurang bersahabat sehingga berpengaruh terhadap pendistribusian logistik Pemilu ke pulau terluar dalam beberapa hari ke depan.

Dengan mengantisipasi kerusakan surat suara dalam proses pendistribusian logistik Pemilu ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota diminta agar kotak suara perlu dibungkus untuk tidak terjadi kendala di lapangan.

Kepada porostimur.com, ketua Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Maluku Utara Jainul Yusup mengatakan, mencermati cuaca saat ini, kita selalu ikhtiar karena bulan Desember hingga Maret, sering terjadi hujan sedang dan lebat disertai angin dan gelombang.

“Ikhtiar itu penting. Tentunya, ada langkah kongkret dari KPU Kabupaten/Kota, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat distribusi logistik,” ucap Jainul, Senin (5/2/2024).

Jainul bilang, sebagai daerah Kepulauan, cuaca Maluku Utara ini, sering musim gelombang dan berdampak ke mana-mana saat mengantisipasi keamanan logistik Pemilu yang dikirim ke daerah dan pulau-pulau terluar.

“Misalkan, kata Jainul, s”epert pengiriman di Halmahera Selatan, mulai dari Bacan ke Pulau Obi dan lanjut ke Kepulauan Joronga, Kepulauan Kayoa, Makean Timur dan Makean Barat,” ujarnya.

Sementara di Halmahera Utara, dari Tobelo ke Kepulauan Loloda, ke Pulau Gebe di Halteng, dan Taliabu juga demikian berat, karena perhubungan 70 persen masih lewat laut, sehingga pemilu 5 tahun lalu, terjadi perahu yang terbalik.

Selain itu, da di Kepulauan Sula, dari Kota Sanana ke pulau Mangoli dan Pas Ipa, di Tidore, dari pulau Tidore ke Mare, Maitara dan Oba Selatan, dan juga di Kota Ternate, seperti dari Kota Ternate ke pulau Moti, Hiri, dan Batang Dua ini, perlu di bungkus dengan kertas dan ketat.

Baca Juga  Hamas: Gencatan Gaza Bisa Terjadi dalam 48 Jam Jika Israel Sepakat

“Jadi, medan laut kita yang terkadang tidak bersahabat. Maka dari itu, perlu diantisipasi isi logistik Pemilu dalam kotak suara yang dikirim ke pulau-pulau terluar. Harapannya, Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 nanti, berjalan lancar sesuai dengan harapan kita semua,” ujarnya. (Mansyur Armain)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.