Depdagri Update Perkembangan Kerja Sama Penanganan Kerangka Jenazah Tentara Amerika di Morotai

oleh -49 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri yang diwakili oleh Direktorat Kawasan, Perkotaan dan Batas Negara menghadiri rapat koordinasi membahas update perkembangan kerja sama penanganan kerangka jenazah tentara Amerika Serikat (AS) di Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Rapat koordinasi difasilitasi oleh Asisten Deputi Koordinasi Kerja Sama Amerika Eropa, Kemenko Bidang Polhukam, serta dihadiri oleh Pejabat Perwakilan K/L terkait, yaitu: Kemenko Bidang Polhukam, Kemenhan, Kemenlu, Kemendikbud, Mabes TNI, Mabes Polri serta Sekda Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara (melalui media zoom meeting) pada pada hari Kamis, 17 Desember 2020.

Penanganan kerangka jenazah tentara Amerika Serikat (AS) yang wafat pada Perang Dunia II di Kabupaten Pulau Morotai telah disepakati untuk ditindaklanjuti menjadi sebuah kerja sama yang diatur dalam draft Agreement-between the Ministry of Defence of the Republic of Indonesia and the United States of the Remains of Department of Defense on Research, Recovery, Identification and Repatriation of the Remains of Department of Defense Personnel from World War II in the Regency of Morotai Island of the Republic of Indonesia.

Perkembangan kerja sama penanganan kerangka jenazah tentara Amerika Serikat di Kabupaten Pulau Morotai sampai pada tahap finalisasi dan Kemenhan akan melakukan rapat final pada Februari 2021 sebelum diajukan kepada Pemerintah Amerika Serikat.

Pemerintah Daerah Kab. Pulau Morotai saat ini sedang menyusun daftar kebutuhan permintaan yang akan disampaikan kepada Pemerintah Amerika Serikat dan sebagai bagian dari poin dalam perjanjian dimaksud. (alfian)