Dirjen IKP: Pemilu 2024 Akan Mendapat Sedikit Gangguan

oleh -61 views

“Media sosial saat ini juga digunakan sebagai alat untuk melakukan perlawanan terhadap pemerintah yang sah. Dampak yang terjadi bisa dilihat saat ini, banyak negara nyaris musnah karena tidak mampu mengelola konflik yang terjadi terutama di Timur Tengah,” jelasnya.

Ada tiga jenis gangguan informasi antara lain misinformasi, informasi tidak benar yang disebarkan tanpa bermaksud mengelabui penerima. Disinformasi, informasi salah yang sengaja disebar untuk mengelabuhi penerima dan malinformasi, informasi yang benar akan tetapi dalam penyajiannya dikemas agar merugikan orang lain.

Gunarjo menjelaskan, saat ini ada sekitar 223 penduduk Indonesia yang mengakses internet namun lebih hebat lagi, jumlah nomor yang beredar lebih besar dari jumlah penduduk Indonesia. Ini juga dapat menjadi ancaman karena pengetahuan tentang cara menggunakan handphone dengan baik sehingga mudah termakan hoax.

Baca Juga  Besok Menteri Risma Kirim Bansos ke Warga Pulau Kei Besar Pakai KRI Teluk Weda

Ia mencontohkan, pada periode tahun 2016 sampai 2022 dalam statistik temuan hoax politik meningkat di tahun 2019, terdapat 928 temuan dibanding tahun-tahun lain yang hanya 38-240 temuan.

“Terdapat 76 % masyarakat kita yang mengakses informasi melalui media social disusul televisi dan berita online dengan sumber media dengan tingkat kepercayaan tertinggi yakni televisi yakni 49,5 % dan disusul medial social 20,3 %. Artinya media social akses paling banyak diakses dan tidak sepenuhnya dipercaya karena masyarakat telah melakukan check dan ricek informasi,” ungkapnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.