DPRD Minta Disdukcapil Kota Ambon Tertib Data Kependudukan

oleh -44 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Anggota Komisi II DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw, mengatakan sampai dengan saat ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), tak pernah menyampaikan adanya pergerakan dan pertambahan jumlah penduduk di Kota Ambon yang masuk dengan SKPWNI.

“Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon kurang melakukan sosialisasi terkait pelayanan kepada masyarakat,” katanya, Selasa (25/5/2021).

Menurut Laturiuw, Disdukcapil seharusnya menyampaikan, apakah penambahan penduduk yang terjadi karena kelahiran, ataukah karena adanya migrasi penduduk,” ungkapnya.

Menurutnya, hal-hal seperti ini, biasanya tergambar dalam penyampaian laporan akhir tahun, padahal seharusnya menjadi tugas wajib dari Disdukcapil.

“Harus ada chek and balance agar kita dapat mengetahui kenapa sampai kegiatan usaha ekonomi tambah banyak, sebab tidak selamanya diakibatkan adanya pertambahan penduduk karena angka kelahiran, namun juga karena migrasi penduduk,” cetusnya.

Baca Juga  Brimob Kompi I Yon C Patroli Tanggap Bencana di Pelabuhan Watdek

Selain itu menurutnya, sampai saat ini, ada masyarakat yang sudah bekerja di Ambon 5-6 tahun, padahal belum terdaftar sebagai warga kota. Ini dikarenakan mereka belum memiliki SKPWNI tersebut. Ini menurut Laturiuw harus menjadi bahan evaluasi Disdukcapil.

Disdukcapil katanya, juga harus melakukan sosialisasi agar masyarakat bisa mengetahui tujuan utama dari pengurusan SKPWNI.

“Ini harus dilakukan, agar supaya mobilitas pergerakan penduduk tidak menghilangkan status kependudukan seseorang. Untuk itu, masyarakat harus mengurus SKPWNI tersebut,” pungkasnya. (nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.