DPRD Minta Walikota Segera Isi Kekosongan 10 Jabatan di Pemkot Ambon

oleh -254 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: DPRD meminta Walikota Ambon, Richard Louhenapessy segera melantik para pejabat Eselon II untuk menutupi kekosongan jabatan pada kesepuluh instansi di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

“Kita dari DPRD ingin menagih janji Walikota, bahwa hasil assessment itu sudah ada dan dijanjikan dalam pekan ini akan ada pelantikan, namun sampai saat ini belum ada agenda untuk itu”, ujar Wakil Ketua Komisi II, Hary Putra Far Far.

Menurut Harry, agenda pelantikan ini merupakan agenda yang sifatnya sangat penting karena berkaitan dengan proses pemerintahan.

Ia mengatakan roda pemerintahan ini harus terus berjalan, lantaran itu kebijakan-kebijakan dan kewenangan yang dimiliki oleh Pelaksana tugas (Plt) ini sangat terbatas. Oleh karenanya, DPRD meminta Walikota harus sesegera mungkin mengambil sikap untuk melantik para pejabat tersebut.

Link Banner

“Proses pelantikan harus segera berjalan karena dinas-dinas yang kosong ini kan dinas produktif, dinas-dinas yang berkaitan langsung dengan masyarakat. Ini memang benar hak Walikota dan tidak ada intervensi, tapi kita dalam hal ini sebagai penyambung lidah masyarakat kita harus suarakan ini supaya Walikota juga melihat hal ini, bahwa kekosongan ini berakibat langsung kepada masyarakat dan juga berakibat langsung pada proses pemerintahan”, paparnya.

Baca Juga  Tingkatkan kompetensi guru, Disdik usung program ”moving”

Anggota DPRD dari fraksi Perindo ini mengatakan, karna kekosongan jabatan ini, ada beberapa hal yang tidak bisa diproses oleh DPRD.

“Karna kekosongan jabatan ini, banyak rapat dan surat-surat masuk yang tidak bisa diproses oleh DPRD, karena takutnya ketika kita pangggil yang nanti datang Plt yang disepakati lalu ketika dilantik orang lain lagi, kan nanti terjadi perbedaan-perbedaan kecil seperti itu. Walau pun memang dalam proses pemerintahan ini, orang berganti tapi tugas dan kewenangan kan tetap sama”, ungkap Hary.

Oleh sebab itu, dirinya berharap Walikota harus segera melakukan pelantikan terhadap pejabat eselon II di lingkup pemerintah Kota Ambon, salah satunya Disperindag karena banyaknya pengaduan masyarakat terkait dengan pasar.

Baca Juga  Kapolres Halbar Imbau Pedagang Tak Naikkan Harga Sembako

Untuk diketahui, 10 pejabat yang akan dilantik adalah Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Kepala Badan Pengelolaan Keuagan dan Aset. Kepala Badan Pemberdayaan, Perlindungan Anak,  Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga dan Sekretaris DPRD Kota Ambon. (alena)