Gelar Rakor Penanggulangan Bencana, Ini Harapan Ketua BPBD Tidore Kepulauan

oleh -23 views

Porostimur.com, Tidore – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tidore Kepulauan menggelar rapat koordinasi lintas sektor dengan organisasi perangkat daerah (OPD) dalam ranka menyikapi kedaruratan apabila terjadinya bencana.

Rapat koordinasi ini diharapkan bisa melahirkan rekomendasi dan menjadi kesepakatan bersama seluruh stakeholder, sehingga penanggulangan bencana dapat berjalan secara masif dan terstruktur, baik dari pemerintah kota, kecamatan, hingga kelurahan dan desa yang terdampak bencana.

“Makanya saya memberi masukan kepada OPD atau lintas sektor ini yang mempunyai kepentingan tersebut diantaranya, PUPR, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, TNI-Polri, dan pemangku kepentingan lainnya untuk saling berkolaborasi,” ujar Kepala BPBD Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Abubakar usai rapat, Rabu (3/7/2024).

Baca Juga  KPK Tangkap Ade Ucu Eks Ketua Gerindra Malut di Banten Usai PN Jaksel Tolak Praperadilan

Pada subatansinya, kata dia, kolaborasi ini bertujuan untuk bersama-sama melaksanakan hal tersebut dalam merespon kebencanaan yang terjadi di Kota Tidore Kepulauan.

“Jadi, tidak semua kebencanaan itu, ansinya bagi BPBD, tetapi bagaimana terkoneksi dengan pemangku kepentingan sehingga bisa menyelesaikan dampak dari bencana itu,” jelas Muhammad Abubakar.

“Misalnya PUPR dalam paska pemulihan, mereka punya tanggungjawabnya seperti apa, maupun Dinas Sosial tanggungjawabnya apa. Itu yang mestinya diperhatikan bersama sehingga mampu memberi titik temu, bahwa nanti pelaksanaan kegiatan ini, kita bersama-sama menanggulangi ketika terjadi bencana,” sambungnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.