Gelar Sarasehan di Milad Ke-14, STP Labuha Dorong Peningkatan SDM Tingkat Perguruan Tinggi

oleh -102 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Peduli akan pendidikan di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara (Malut) Sekolah Tinggi Pertanian Labuha, melalui Milad ke – 14, STP Labuha menggelar Sarasehan Komitmen Bersama (SKB) dengan tema “Membangun Kualitas SDM Daerah Menuju Senyum Halmahera Selatan”, bertempat di Aula Nurul Hasan STP Labuha, Kamis  (1/7/2021).

Sarasehan tersebut menghadirkan pematik, Bappeda Halmahera Selatan, DPRD Halsel, Apdesi Halsel, Dikbud Halsel, Pihak Perusahaan dan Akademisi STP Labuha.

Amatan porostimur.com kegiatan tersebut, petinggi STP Labuha serta akademi dan alumni saling bergantian menyampaikan keresahan mereka kepada pemerintah daerah (Pemda ) Halsel agar dapat memberi perhatian serius, sehingga pendidikan yang ada di Halmahera Selatan layak serta dapat meningkatkan kualitas SDM di Halmahera Selatan dengan ketersediaan perguruan tinggi di negeri Saruma.

Baca Juga  Ramalan Cuaca Ambon hari ini, Jumat 14 Agustus 2020

Sementara itu, Sekretaris Yayasan Nurul Hasan Maluku Utara, lkbal Kamarullah, ST menyampaikan bahwa upaya meningkatkan SDM yang unggul pada perguruam tinggi, pihaknya mendorong kepada pemerintah daerah agar mempunyai perhatian serius terhadap pendidikan di Halmahera Selatan dengan mendorong program perguruan tinggi yang ada di Halmahera Selatan

Kata Ikbal, pihak perguruan tinggi menginginkan adanya kontribusi penuh dari Pemda kepada pihak kampus terkait fasilitas pendidikan. “Seperti halnya kami meminta kepada pemerintah agar dapat memfasilitasi asrama untuk mahasiswa di perguruan tinggi khususnya Sekolah Tinggi Pertanian (STP) Labuha,” katanya.

Ikbal juga menambahkan, jika para mahasiswa yang kuliah di luar daerah ada asramanya sementara mahasiswa yang menempuh pendidikan di daerah sendiri tidak diberikan keistimewaan yang sama seperti ketersediaan Asrama. “Lewat forum ini kami pihak kampus berharap dan akan terus mendorong kepada pemerintah daerah sehingga dapat membangun asrama khusus mahasiswa yang menitip nasib di perguruan tinggi yang ada di Halmahera Selatan”, imbuhnya.

Baca Juga  Maluku Utara Paling Rawan Jelang Pemilu

“Kami pihak STP berharap ada pembangunan asrama mahasiswa di kota Bacan. Kenapa di luar daerah kita bisa bangun sementara di daerah sendiri tidak bisa”, pungkas Ikbal.

Sementara itu, Ketua STP Labuha, Yudi Eka Prasetiya mengatakan bahwa, kegiatan tersebut merupakan ajang untuk menyatukan persepsi antar pihak kampus dan pemeritah daerah.

“Jadi kegiatan sarasehan ini selain merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Milad ke-14 STP Labuha, juga merupakan ajang menyamakan chemistry, menyatukan persepsi dan langkah antar stake holder dalam pengembangan SDM di Halmahera Sekatan”, tukasnya.

Menurut Yudi, agar bisa berkalaborasi, kegiatan itu sengaja menghadirkan beberapa pamangku kebijakan yang ada di Halmahera selatan. 

Baca Juga  Tak Bisa Mudik Lebaran, Pemuda ini Rilis Lagu “Sragen, Aku Rindu”

“Makanya yang hadir ada dari wakil pemerintah daerah seperti Bappeda, Dikbud, DPRD, APDESI, Perusahaan serta OKP dan akademisi perguruan tinggi. Tujuannya kita duduk sama – sama dan berbagi peran untuk memikirkan bagaimana mencari solusi terhadap pengembangan SDM di Halmahera Selatan agar bisa lebih unggul dan berkualitas”, tutur Yudi.

Lebih jauh sejumlah OKP Cipayung menyampaikan secara tegas kepada pemerintah daerah agar lebih serius menangani persoalan pendidikan di Halmahera Selatan, lebih khususnya tingkat perguruan tinggi. (adhy)

No More Posts Available.

No more pages to load.