Gunung Ibu Erupsi, Tinggi Kolom Letusan 1.925 Meter ke Arah Barat

oleh -25 views
Gunung Ibu di Halmahera Utara erupsi pada Sabtu (1/7/2023) malam, mengeluarkan abu letusan setinggi 1.925 meter di atas permukaan laut (Mdpl) ke arah barat. (Foto: PVMBG)

Porostimur.com, Tobelo – Gunung Ibu mengalami erupsi pada Sabtu (1/7/2023) malam. Gunung yang berada di Halmahera Utara, Maluku Utara itu mengeluarkan awan letusan setinggi 1.925 meter di atas permukaan laut (Mdpl) atau 600 meter dari puncak.

“Tinggi kolom letusan teramati di atas puncak atau sekitar 1.925 meter di atas permukaan laut  ke arah barat,” dikutip dari keterangan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG).

Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 28 mm dan berdurasi 59 detik. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal.

PVMBG mengimbau masyarakat dan wisatawan untuk tidak berada dalam radius 2 kilometer dari puncak Gunung Ibu.

Apabila terjadi hujan abu disarankan untuk tidak beraktivitas di luar rumah. Bila beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan masker dan kaca mata.

Baca Juga  Hari ini Penerimaan CPNS dan PPPK Kemenkumham Tahun 2023 Dibuka

“Masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung/wisatawan agar tidak berakivitas di dalam radius dua km dan perluasan sektoral berjarak 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif gunung itu,” tulis BMKG. (red)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.