Hindari Penyimpangan, Pers Diminta Pantau DAK Pada Tiap Sekolah

oleh -52 views
Link Banner

@Porostimur.com | Piru : Maraknya isu pengelolaan dan alokasi khusus (DAK) pada sekolah yang belum tepat sasaran di Seram Bagian Barat yang disebarkan melalui media sosial, akhirnya mengundang atensi pemerintah setempat.

Guna mengklarifikasi isu tersebut serta mengantisipasi terjadinya kesalahan dalam pengelolaan DAK dimaksud pada tiap sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten SBB pun melakukan hearing dengan awak media di Aula Dinas Pendidikan SBB, Desa Morekau, Kecamatan Seram Barat, Senin (4/11).

Dalam kesempatan tatap muka ini, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Seram Bagian Barat, Musidin Sangadji, meminta bantuan agar para awak media pun turut membantu mengontrol penyaluran DAK pada tiap-tiap sekolah di kabupaten berjuluk Saka Mese Nusa itu.

Baca Juga  Kadispenad : Mutasi = peningkatan kualitas dan kinerja organisasi

”Saya harap teman teman media agar dapat membantu piha kami dalam memantau penyaluran dana DAK di tiap-tiap sekolah. Sehingga kita dapat terpa disekolah mana yang terjadi penyimpangan. Kami juga telah membentuk tim untuk melakukan investigasi dan akan dibantu oleh pihak infestorat SBB dalam melakukan pemeriksaan pada pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah,” ujarnya.

Menurutnya, banyak informasi yang beredar di media sosial terkait ada dugaan pengelolaan DAK pada tiap sekolah yang tidak tepat sasaran atau memakai jasa pihak ketiga.

”Perlu diketahui untuk Dana Alokasi Khusus tidak diperkenan memakai jasa pihak ketiga dalam hal ini kontraktor, tetapi pihak komite dan sekolahlah yang mengelola dana tersebut. Jika kedepan ada pihak sekolah yang mengunakan jasa pihak ketiga, maka kami akan tindak tegas sesuai kesepakatan dan sosialisasi yang telah kami paparkan. Andai kata ada kepala sekolah yang teledor seperti itu, maka kami akan surati pimpinan tertinggi dalam hal ini bupati, untuk meminta jabatanya dicopot dan berikan sanksi,” pungkasnya. (doddy)