Ini Janji Kemenangan Palestina yang Termaktub Dalam Al-Qur’an

oleh -67 views

Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah menafsirkan “Fil ardhi (di bumi ini)” dengan Baitul Maqdis, yang kini adalah Yerusalem di wilayah Palestina atau lokasi berdirinya Masjidil Aqsa. Baitul Maqdis sendiri dikenal sebagai kota suci bagi tiga agama yakni Islam, Kristen, dan Yahudi.

Lebih lanjut, ayat tersebut ditafsirkan bahwasanya Bani Israil akan membuat kerusakan sebanyak dua kali. Tetapi Allah SWT tidak segera menjatuhkan azab bagi mereka, melainkan justru memperluas kekuasaannya sampai mereka merasa sombong.

Pada ayat berikutnya, Allah SWT berjanji akan menurunkan azab kepada Bani Israil atas kerusakan yang mereka lakukan. Dia berfirman:

فَاِذَا جَاۤءَ وَعْدُ اُوْلٰىهُمَا بَعَثْنَا عَلَيْكُمْ عِبَادًا لَّنَآ اُولِيْ بَأْسٍ شَدِيْدٍ فَجَاسُوْا خِلٰلَ الدِّيَارِۗ وَكَانَ وَعْدًا مَّفْعُوْلًا – 5

Baca Juga  Menteri AHY Resmikan Si Kanjeng, Ruang Situasi dan Informasi Kanwil BPN Provinsi Jawa Tengah

Artinya: “Apabila datang saat (kerusakan) yang pertama dari keduanya, Kami datangkan kepadamu hamba-hamba Kami yang perkasa, lalu mereka merajalela di kampung-kampung. Itulah janji yang pasti terlaksana.” (QS Al-Isra: 5)

Ayat tersebut ditafsirkan bahwa Allah SWT akan mendatangkan sekelompok hamba-Nya yang gagah perkasa untuk menaklukkan Bani Israil. Mereka akan mengejar, menyiksa dan membunuh Israil sebagai hukuman atas apa yang mereka kerjakan.

No More Posts Available.

No more pages to load.