Jangan Mudah Percaya! Ini 4 Tanda Seseorang Sedang Berbohong

oleh -34 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Tidak ada satu pun orang yang ingin dibohongi. Tapi, terkadang tanpa disadari kita pun tertipu oleh seseorang. Sebab, enggak banyak orang yang tahu bagaimana cara mengetahui apakah seseorang berkata jujur atau justru sebaliknya.

Padahal, tanda-tanda seseorang berbohong cukup mudah untuk diidentifikasi lho, Beautynesian. Ketika kamu ingin mengetahui kejujuran seseorang, coba perhatikan 4 hal ini saat sedang berbicara dengannya!

Jeda Saat Berbicara

Ketika seseorang berbohong, ia tentu tidak akan langsung mengatakannya dengan lancar.
Berbohong/freepik.com

Ketika seseorang berbohong, ia tentu tidak akan langsung mengatakannya dengan lancar. Sebab, ia perlu berpikir sebelum melontarkan jawaban. Jadi, saat seseorang memberi jeda ketika berbicara, hal ini bisa jadi pertanda bahwa ia sedang berbohong. Selain itu, orang yang berbohong juga cenderung bertele-tele dan mengucapkan “eh” ketika berbicara.

Baca Juga  Gelar RDP Soal Dugaan Penyelewengan DD, Komisi I DPRD Halbar Minta Inspektorat Bertindak

Arah Mata

Sudah bukan rahasia lagi jika kita dapat mengindentifikasi kebohongan seseorang dari matanya.
Berbohong/freepik.com

Sudah bukan rahasia lagi jika kita dapat mengindentifikasi kebohongan seseorang dari matanya. Seseorang yang panik, takut, atau melakukan kesalahan akan selalu mencari jalan keluar. Hal ini akan tampak jelas pada matanya yang akan melihat ke arah jam tangan.

Selain itu secara psikologi, jika seseorang melihat ke kiri tandanya ia sedang berpikir atau mencari kalimat untuk dikatakan. Sementara jika ia melihat ke kanan, maka itu pertanda bahwa ia sedang mengingat.

Bahasa yang Tidak Biasa

Mendeteksi kebohongan akan lebih mudah jika kamu sudah cukup mengenal dekat si dia.
Berbohong/freepik.com

Mendeteksi kebohongan akan lebih mudah jika kamu sudah cukup mengenal dekat si dia. Sebab, kamu tentu sudah mengenali gaya bahasanya sehari-hari. Nah, saat seseorang sedang berbohong, umumnya kalimat yang mereka ucapkan cenderung tidak rapi dan tidak seperti biasanya.

Baca Juga  Resmi Dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Halsel, ini Program 100 Hari Usman-Bassam

Semua yang diucapkan dalam upaya untuk mengurangi koneksi suatu objek atau pokok pembahasan. Hal ini dilakukan untuk membela diri sebelum dituduh melakukan kesalahan.

Gerak Tubuh

Jika sudah cukup ahli berbohong, seseorang tidak akan terlihat gugup dan kaku.
Berbohong/freepik.com

Jika sudah cukup ahli berbohong, seseorang tidak akan terlihat gugup dan kaku. Justru, ia akan terlihat percaya diri saat berbohong. Namun, kamu tetap masih bisa mendeteksi kebohongan seseorang melalui gerak tubuhnya.

Umumnya, seseorang akan merapikan kerah baju, kaca mata, atau membersihkan sepatu meski tidak ada debu. Sementara jika seorang wanita yang berbohong, mereka akan merapikan rambut ke belakang telinga, meluruskan pakaian dan kakinya.

(red/beautynesia)