Kades Welutu Kecam Keterlibatan Sejumlah Pihak Dalam Penyaluran Bantuan RTLH

oleh -26 views

Porostimur.com, Saumlaki – Kepala Desa Welutu Kibener Iyarmasa, menuntut pertanggungjawaban sejumlah pihak yang terlibat dalam penyaluran bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Welutu, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Masalah ini telah mencuat dan mendapat perhatian serius dari Kepala Desa Welutu. Kibener mengungkapkan keprihatinannya terhadap kebutuhan dan tuntutan masyarakatnya dan mendesak Inspektorat Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk segera mengusut tuntas penggunaan anggaran RTLH.

Kibener menjelaskan bahwa pihak Tim Pengelola Kegiatan Desa Welutu, Ketua NR, dan pihak Supplier adalah pihak yang menggunakan dan mengelola anggaran tersebut bukan Kepala Desa.

Pihak-pihak tersebut sudah mendapatkan surat panggilan dari Kantor Inspektorat Daerah untuk pertanggungjawaban material rumah RTLH yang belum terselesaikan, namun hingga saat ini belum ada penyelesaian.

Beberapa masyarakat Desa Welutu yang enggan disebut namanya menduga kuat bahwa Kepala Desa memiliki peran dalam terhambatnya penyaluran bantuan material RTLH. Mereka berharap Kepala Desa dapat secara aktif menyelesaikan penyaluran bantuan RTLH tersebut.

Menanggapi tuduhan masyarakat, Kibener menjelaskan bahwa Tim Pengelola Kegiatan Desa Welutu dan pihak Supplier adalah yang bertanggung jawab atas pengelolaan anggaran tersebut, bukan Kepala Desa.

Kepala Desa merasa bahwa masyarakat adalah korban dalam hal ini dan penanggung jawab lapangan adalah Tim Pengelola Kegiatan Desa Welutu dan Supplier. Kibener juga menyatakan bahwa anggaran sudah cair dan transfer masuk kepada pihak ketiga, bukan kepada Kepala Desa.

Kibener setuju dan sepakat bahwa prioritas harus diberikan untuk menyelesaikan penyaluran bantuan RTLH kepada masyarakat yang belum menerimanya sepenuhnya. Dirinya juga menyebut bahwa Mantan Kaur Pemerintahan NR sebaiknya juga memberikan pemahaman karena mengetahui kronologisnya dengan baik. (Frets Besitimur)

Baca Juga  Ini 9 Anggota DPRD Kota Ambon Periode 2024-2029 dari Dapil 3 Kecamatan Nusaniwe

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.