MK Kabulkan Penarikan Permohonan Calon Anggota DPD Dapil Maluku Nono Sampono

oleh -92 views

Porostimur.com, Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan penarikan kembali permohonan Nono Sampono, calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Maluku. Sidang pengucapan ketetapan penarikan permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Anggota DPD (PHPU DPD) Tahun 2024 ini dilaksanakan di MK pada Kamis (6/6/2024).

Ketetapan Nomor 09-31/PHPU.DPD-XXII/2024 yang dibacakan Hakim Konstitusi Ridwan Mansyur ini menyebutkan pada Selasa 28 Mei 2024 Mahkamah telah mengagendakan Sidang Pemeriksaan dalam rangka mendengarkan keterangan saksi/ahli.

Pemohon melalui kuasanya, mengajukan permohonan penarikan/pencabutan perkara yang disampaikan di hadapan persidangan dengan disertai surat pencabutan perkara bertanggal 28 Mei 2024 perihal permohonan pencabutan PHPU yang ditandatangani oleh kuasa hukum Pemohon, Elza Syarief.

Baca Juga  The Last Dance Menteri Jokowi, Menari untuk Memikat Hati Prabowo Subianto

Berdasarkan fakta hukum tersebut, Rapat Permusyawaratan Hakim pada 3 Juni 2024 berkesimpulan bahwa penarikan perkara tersebut beralasan menurut hukum dan Pemohon tidak dapat mengajukan kembali permohonan a quo serta memerintahkan kepada Panitera MK untuk mengembalikan salinan berkas permohonan kepada Pemohon.

“Mengabulkan penarikan permohonan Pemohon; Menyatakan permohonan Pemohon dalam Perkara Nomor 09-31/PHPU.DPD-XXII/2024 mengenai permohonan pembatalan Ketupusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 … sepanjang perolehan suara anggota DPD Provinsi Maluku ditarik,” ucap Ketua MK Suhartoyo membacakan ketetapan perkara ini dari Ruang Sidang Pleno, Gedung 1 MK, Jakarta.

No More Posts Available.

No more pages to load.