SMKN 6 Ambon Lepas Peserta PKL

oleh -216 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Ambon melepas 215 peserta PKL yang disebarkan di 29 institusi mitra yang bersedia dan membuka suasana belajar, membina dan menguji Peserta PKL SMKN Negeri 6 Ambon.

Tujuan dari program SMK yang satu ini agar menggiatkan kompetensi keahlian peserta didik agar bersaing di dunia usaha nantinya, terkhususnya di era masyarakat.

Prakter Kerja Lapangan (PKL) Tahun Ajaran 2019/2020 dengan kompetensi keahlian yaitu Akuntansi, Multimedia, Keperawatan Sosial, Asisten Keperawatan, Teknik Laboratorium, Ambon, Selasa (4/02).

” Ada yang PKL-nya di area Kota Ambon dan ada juga di tingkat Nasional yakni di luar kota. Ini merupakan suatu hal luar biasa karena ada peserta PKL yang melaksanakan PKL di luar Kota. ” jelas Kepala Sekolah SMKN 6 Ambon, Edo Luturmas dalam sambutannya.

Link Banner

Disampaikannya, peserta PKL yang melangsungkan PKL di luar kota ada 45 orang, berbeda dengan tahun kemarin yang hanya 29 orang. Hal ini terlihat bahwa terjadi peningkatan pada peserta PKL tahun ajaran 2019/2020.

Baca Juga  Kabupaten Pulau Morotai Bakal Miliki Pengadilan Negeri

” Dari 215 peserta PKL, yang mengikuti PKL di dalam area Kota Ambon yakni 170 orang. ” tukasnya.

Luturmas menuturkan, Program PKL mesti dikelola secara bersama antara sekolah dan masyarat yakni dengan sistim blok penuh (tidak sampai 6 bulan/penuh) dan semi blok (2-3 hari di institusi sekolah). Dan yang diterapkan di SMKN 6 Ambon menggunakan sistem blok penuh.

Pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan sejumlah kompetensi yang dimiliki siswa sebagai generasi bangsa, yang mesti dipelihara secara baik.

“PKL yang berlangsung selama 3 bulan yakni dari 5 Februari-5 Mei 2020.” terangnya.

Luturmas mengharapkan, kembangkan etos kerja yang tinggi pada saat PKL. Serta topangan orang tua dan institusi mitra juga diperlukan dalam menopang peserta PKL kedepan.

Baca Juga  Tour The Manise 2018, 431 Peserta jelajahi Ambon-Seram

“Kami juga berharap, para peserta bisa diuji oleh institusi mitra terkait Pengalaman PKL. ” kata Luturmas.

Luturmas menuturkan, melalui PKL ini, diharapkan mampu menjawab kebutuhan kerja dan di perguruan tinggi.

Dalam kesempatan yang sama juga Husein selaku Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku menyampaikan harapannya agar siswa-siswi yang melaksanakan PKL dapat bersikap disiplin dan berkarakter yang baik supaya di dunia usaha nanti mereka dapat diterima dengan baik pula, dan beliau juga berharap agar kerjasama antara dunia pendidikan dengan dunia usaha ini dapat dipererat hubungannya supaya dapat berjalan secara terus menerus. (ebot)