Tagar Pecat Bahlil Trending, Pengamat Pertambangan: Kasusnya Bisa Mirip SYL

oleh -90 views

Porostimur.com, Jakarta – Kasus dugaan suap yang menyeret Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia terus bergulir. Di media sosial X (Twitter) pun trending dengan tagar #PecatBahlil. Setidaknya ada ribuan warganet yang membuat kicauan perihal pemecatan Bahlil.

Pengamat ekonomi energi dan pertambangan dari Universitas Gajah Mada (UGM), Fahmy Radhi. Menurutnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan lembaga hukum terkait harus berani menindak Bahlil.

“Saya berharap KPK dan aparat penegak hukum lainnya harus bertindak demi kepentingan negara. Tidak peduli siapapun yang melakukan dugaan tindakan (suap) itu, harus ditindak,” tegas Fahmi dikutip dari Jawapos, Rabu 13/3/2024).

Lantas, jika memang terbukti dan Bahlil menjadi tersangka, maka Presiden Jokowi harus memecatnya dari Kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga  Gunung Ibu Kembali Erupsi, Warga Terdampak Mulai Terkena ISPA

“Berkaca dari kasus SYL, dan menteri lainnya, jika KPK punya alat bukti yang cukup dan jadi tersangka, dia harus dipecat dari Menteri,” ucap Fahmy.

Penegakkan hukum ini penting, apalagi menurut Fahmy, masa pemerintahan Presiden Jokowi segera berakhir, agar tidak meninggalkan preseden buruk. Sebab jika memang terbukti, tindakan Bahlil tersebut akan menyuburkan pertambangan ilegal.

“Karena biasanya, banyak dari perusahaan yang legal itu punya banyak jaringan pertambangan ilegal. Itu yang terjadi selama ini. Pertumbuhan tambang ilegal ini-lah yang merugikan negara,” katanya.

No More Posts Available.

No more pages to load.