Anggaran Habis Puluhan Miliar, Jalan Sayoang -Yaba Kini Rusak Parah

oleh -248 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Masyarakat mengeluhkan kondisi jalan Sayoang – Yaba Pece Pece yang kini dalam kondisi rusak parah. Padahal, jalan tersebut dua tahun berturut turut dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Maluku Utara.

Data yang diperoleh Porostimur.com menyebutkan, ruas jalan tersebut dianggarkan dalam dua tahun berturut-turut, yakin tahun 2015 dan 2016, melalui Dinas Pekerjaan Umum ( DPU) Maluku Utara, dengan nama Paket 06,Pembangunan Jalan Sayoang – Yaba, Kecamatan Bacan Barat Utara, Halmahera Selatan ( Halsel) senilai Rp 50 miliarmiliar pada tahun 2015.

Proyek ini dikerjakan oleh PT. Bangun Utama Mandiri Nusa beralamat di Jl. Ki Hajar Dewantara Kelurahan Kampung Pisang, Ternate.

Sedangkan Konsultan Pengawas adalah PT. Baruga Bulaeng Indotama yang beralamat di Jl. Jati Kecil No. 307 Ternate Tengah, dengan nilai kontrak Rp 494.142.000,00.- ( Empat ratus sembilan puluh empat juta, seratus empat puluh dua ribu rupiah), sebagaimana tercantum dalam laman LPSE provinsi Maluku Utara.

Selanjutnya, pada tahun 2016 ruas jalan tersebut kembali dianggarkan pada APBD Provinsi Malut senilai Rp. 15 miliar.

Baca Juga  Jujaro Namlea Kenalkan Hotong Lewat Budaya Tarian Boki Feten

Proyek ini dengan kode tender 2084361 Proyek Pembangunan jalan Sayoang – Yaba. Rencana Umum PengadaanTanggal Pembuatan 31 Mei 2016 Satuan Kerja Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Provinsi Maluku Utara.

Kali ini ruas jalan tersebut dikerjakan oleh PT. Bangun Utama Mandiri Nusa yang beralamat di Jl. Kihajar Dewantara Kel. Kampung Pisang – Ternate.

Untuk diketahui, jalan Sayoang – Yaba adalah jalan penghubung dari kecamatan Bacan Timur menuju Labuha, ibukota Kabupaten Halmahera Selatan.

Terlihat pekejaan jalan tersebut yang menjadi akses utama masyarakat yang terdiri atas 8 (delapan) desa kecamatan bacan barat utara hingga kecamatan bacan timur penghubung ibukota labuha (halsel) itu. Sudah tujuh (7) tahun tapi tidak kunjung diperbaiki oleh pemerintah provinsi Maluku Utara atau Pemda setempat.

Baca Juga  Negeri Aboru Launching Kampung Tangguh

Camat Bacan Barat Utara, Jauhar Maulud, S.Ip. kepada wartawan mengatakan, kondisi jalan Sayoang – Yaba saat ini cukup parah sehingga mengganggu kelancaran trasportasi bahkan berbahaya bagi masyarakat pengguna jalan.

“Saya mengharapkan Pemrov Malut secepatnya melakukan perbaikan,” ungkap” Camat, Sabtu (17/4/202) siang tadi.

Senada dengan camat, salah satu pegawai negeri sipil (PNS) di kantor Camat Bacan Barat Utara, Saeril Abdul Rasak, SE mengatakan bahwa kondisi jalan tersebut memang sudah lama rusak

Parahnya lagi, setiap musim hujan jalan menjadi sangat sulit dilalui oleh masyarakat akibat jalan itu sudah sangat parah. Sebagian besar jalan sudah longsor sehingga sangat berbahaya bila masyarakat yang melintasinya.

Baca Juga  Kapolda Maluku Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Pastori Jemaat GPM Kategorial Polri Bukit Kasih

“Masyarakat Kecamatan Bacan Barat Utara sangat berharap ada perhatian dari pemerintah Provinsi Malut dan pemerintah daerah setempat untuk segera melakukan perbaikan jalan di wilayah tersebut,” ujar Saeril. (adhy)

No More Posts Available.

No more pages to load.