AS Kirim Bantuan Militer Senilai 1,8 Miliar Dolar Termasuk Baterai Patriot ke Ukraina

oleh -32 views
Rudal Patriot terlihat di Bandara Rzeszow-Jasionka, 25 Maret 2022, di Jasionka, Polandia, saat Presiden Joe Biden tiba untuk menaiki Air Force One menuju Warsawa, Polandia. Pejabat AS mengatakan pemerintahan Biden siap untuk menyetujui pengiriman baterai rudal Patriot ke Ukraina, akhirnya menyetujui permintaan mendesak dari para pemimpin Ukraina yang sangat membutuhkan senjata yang lebih kuat untuk menembak jatuh tembakan Rusia yang masuk. Foto: AP Photo/Evan Vucci

Porostimur.com, Washington – Amerika Serikat (AS) akan mengirimkan bantuan militer senilai 1,8 miliar dolar AS ke Ukraina, termasuk baterai rudal Patriot dan bom berpemandu presisi untuk jet tempur. Bantuan tersebut menandakan perluasan jenis persenjataan canggih yang dikirim AS ke Ukraina untuk meningkatkan pertahanan udara terhadap rentetan serangan rudal Rusia yang terus meningkat.

Pejabat AS yang berbicara dengan syarat anonim mengatakan, paket bantuan itu diperkirakan akan diumumkan Rabu (21/12/2022) waktu setempat. Paket bantuan itu akan mencakup senjata dari Pentagon senilai 1 miliar dolar AS dan 800 juta dolar AS  melalui Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina, yang mendanai senjata, amunisi, pelatihan, dan bantuan lainnya.

Baca Juga  Laga Uji Coba AS Vs Brasil Tuntas Tanpa Pemenang

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan pejabat Ukraina lainnya telah mendesak para pemimpin Barat untuk menyediakan senjata yang lebih canggih, termasuk sistem pertahanan rudal Patriot, untuk membantu negara mereka  melawan Rusia. Patriot akan menjadi sistem rudal permukaan-ke-udara tercanggih yang telah disediakan Barat ke Ukraina untuk membantu menghalau serangan udara Rusia. Pengumuman bantuan militer ini mengirimkan pesan yang kuat terkait dukungan AS yang terus berlanjut untuk Ukraina.