BPKP Maluku Utara Cek Sistem Pengelolaan Air Minum di Halmahera Selatan

oleh -16 views

Porostimur.com, Labuha – Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Maluku Utara melakukan evaluasi terhadap Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) di Kabupaten Halmahera Selatan.

Tim melakukan kunjungan lapangan ke intake Sungai Ra dan Sungai Dodola yang merupakan SPAM Regional Kecamatan Bacan, Kecamatan Bacan Selatan, serta Kecamatan Bacan Timur (Babang).

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Tri Wibowo Aji mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Evaluasi SPAM yang dilakukan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara dengan mengambil uji petik pada SPAM di Wilayah Kabupaten Halmahera Selatan.

“SPAM Halsel merupakan sistem penyediaan air minum yang mencakup tujuh kecamatan yang tersebar di beberapa pulau. Intake yang terbangun diharapkan mampu memenuhi supply air yang dibutuhkan oleh SPAM Regional Halmahera Selatan untuk dinikmati oleh masyarakat hingga ke pelosok desa,” ujar Tri Wibowo, Jumat (28/6/2024).

Baca Juga  Jusuf Kalla dan Pemimpin Tertinggi Hamas Bahas Kondisi Terkini Palestina di Qatar

Tri Wibowo menambahkan, salah satu sasaran pembangunan kawasan permukiman adalah meningkatkan akses penduduk terhadap air minum menjadi 100% pada tingkat kebutuhan dasar di tahun 2024 diperlukan dukungan air baku yang cukup besar, dan harus memenuhi kriteria sebagai air minum aman, yaitu berasal dari sumber air yang layak, berada di dalam atau di halaman rumah, dapat diakses setiap saat dibutuhkan, dan kualitasnya memenuhi standar kesehatan. (red)