FH Unkhair Ternate Gelar Penyuluhan Hukum di Nusa Ra

oleh -131 views
Link Banner

Porostimur.com – Labuha: Menuju masyarakat cerdas hukum, Fakultas Hukum Universitas Khairun Ternate menggelar penyuluhan hukum dan temu alumni Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halsel, di lokasi wisata Pulau Nusa Ra, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara (Malut).

Kegiatan itu dihadiri langsung Dekan Fakultas Hukum Unhair Ternate, para Dosen Fakultas Hukum, Ketua Komisi ll DPRD Halsel, Sekertaris Komisi ll DPRD Halsel, Camat Botang Lomang, sejumlah Kepala Desa dan masyarakat desanya di Kec. Botang Lomang beserta puluhan mahasiswa – mahasiswi Fakultas hukum Khairun Ternate.

Kegiatan tersebut mengusung tema: “Peningkatan Pemahaman Masyarakat Terhadap Layanan Bantuan Hukum Cuma – cuma” pada Sabtu (9/10/2021) di Pulau Wisata Nusara. Kab. Halsel.

Ketua panitia penyelenggara penyuluhan hukum Dahlai Hasim, SH. MH kepada wartawan porostimur.com usai kegiatan tersebut mengatakan kegiatan tersebut dilakukan dengan melihat kondisi masyarakat pada umumnya cukup renggang mandapatkan bantuan hukum dari berbagai aspek kondisi sosial yang dihadapi.

Dahlai bilang, penyuluhan hukum yang dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat di Kecamatan Botang Lomang ini agar masyarakat yang tidak mampu bisa dapat berkonsultasi soal hukum dengan Fakultas Hukum Unkhair Ternate ketika mereka ingin dapatkan perlindungan hukum.

Baca Juga  PKS Luncurkan Logo Baru, Warna Oranye dan Bentuk Lingkaran, Ini Maknanya

“Intinya kegiatan ini difokuskan pada masyarakat agar dapat kami berikan bantuan hukum secara cuma – cuma melalui Pusat Konsultasi Bantuan Hukum (PKBH) fakultas hukum khairun Ternate”, ucapnya.

Selaku ketua panitia penyelenggara, Dahlai menyampaikan sejauh ini banyak masyarakat belum mengatahui keberadaan bantuan hukum dari Unkhair Ternate.

“Hampir semua masyarakat belum tau soal adanya bantuan hukum secara gratis yang disiapkan Unkhair Ternate khususnya kami di Fakultas hukum, sehingga lewat kegiatan ini masyrakat di Botang Lomang dapat berkoordinasi dengan kami ketika mereka menginginkan adanya bantuan hukum”, tandas Dahlai.

Sementara itu, Ketua Komisi ll DPRD Halsel Gufran Mahmud, SH saat diwawancai media ini, mengaku, dirinya mengapresiasi kegiatan penyuluhan hukum yang dilaksanakan Fakultas Hukum Khairun Ternate dengan melibatkan alumni hukum di DPRD Halsel.

Baca Juga  KPU Maluku Utara Tetapkan Perolehan Kursi 45 Anggota DPRD Provinsi

Menurutnya, kegiatan tersebut tentunya memberikan dampak positif terhadap warga Halsel khususnya di Kecamatan Botang Lomang seperti pemerintah desa dan masyarakatnya.

“Tentunya kami alumni hukum di DPRD Halsel merespon dengan baik karena ini berdampak baik terhadap masyarakat di tingkat desa yang membutuhkan bantuan hukum ketika bermasalah”, tuturnya.

Gufran berharap kegiatan penyuluhan hukum yang dilaksanakan itu dapat meningkatkan cara pengelolaan keuangan dengan baik khususnya di pemerintah desa.

“Pemerintah desa sangat membutuhkan adanya peningkatan hukum tentang tata cara pengelolaan dana desa. Sehingga dengan adanya kegiatan ini saya berharap masyarakat dan pemdes dapat mengelola keuangan desa yang baik sehingga tidak salah menggunakan”, harap Gufran.

Lebih Dekan Fakultas Hukum Unkhair Ternate Jamal Hi. Arsad, SH. MH dikutip media ini saat memberikan sambutan, mengatakan kegiatan penyuluhan hukum merupakan salah satu iplementasi Tri Darma Perguruan Tinggih.

Baca Juga  Patrick Moenandar. Wakil Rakyat Milenial Berjiwa Sosial Tinggi

Selain itu kata Jamal dengan adanya konsep belajar merdeka membutuhkan suport alumni.

“Kegiatan ini mengapa sangat penting karena ini merupakan kegiatan temu kangen alumni dan sebentar nanti mungkin kami akan agenda temu alumni fakultas hukum Khairun Ternate sebab dengan alumni itulah dapat menciptakan konsep merdeka belajar”, tukasnya.

Jamal Hi. Arsad berharap penyuluhan yang dilibatkan pemerintah desa itu ia melihat adanya beberapa aturan yang nanti mamanilisir terjadi ketimpangan – ketimpangan di tingkat desa.

“Olehnya itu kerja sama ini bukan hanya penyuluhan akan tetapi bekerja sama dalam banyak hal seperti pemberian bantuan hukum oleh Fakultas Hukum Unkhair Ternate kepada masyarakat yang membutuhkan saat mengalami problem sosial di tingkat desa”, tutup Jamal mengkahiri sambutnanya skaligus membuka dengan resmi kegiatan penyuluhan hukum tersebut. (adhy)

No More Posts Available.

No more pages to load.