Gelar Yudisium, Fakultas Teknik Unpatti Meluluskan 42 Sarjana Baru

oleh -64 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Fakultas Teknik Universitas Negeri Pattimura menggelar Yudisium Sarjana bagi 42 orang lulusan, di Aula lantai II Fakultas Teknik, Jumat (27 Agustus 2021).. Keputusan Dekan Fakultas Teknik Universitas Pattimura Nomor 189/UN13.1.6/SK/2021 menjadi dasar pelaksanaan Pengukuhan dan Penggelaran Sarjana hari ini.

Yudisium dan Penggelaran Sarjana dibuka secara resmi oleh Ketua Senat Fakultas Teknik, Prof. Dr. Ir. M. Tukan, BSE, M.T berlangsung secara konvensional dengan memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19. Turut hadir dalam acara tersebut, Rektor Universitas pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum., para Wakil Dekan, para Ketua Jurusan, para Ketua Program Studi, Ketua Senat dalam lingkup Fakultas Teknik, Rohaniawan, para Lulusan serta perwakilan Orang Tua lulusan.

Penyerahan Tanda Piagam Penghargaan dari Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. W. R. Hetharia, M.App.Sc diberikan kepada 4 Lulusan dengan predikat “Cumlaude”, atas nama :

  1. Rohni Natalin Damanik, masa studi 3 tahun 11 bulan, IPK 3,77
  2. Belinda Theophilia Kastanya, masa studi 3 tahun 11 bulan, IPK 3,71
  3. Rini A. Sangadji, masa studi 3 tahun 11 bulan, IPK 3,68
  4. Dolly Meyke Rommer, masa studi 3 tahun 11 bulan, IPK 3,60

Rektor, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum dalam sambutan mengatakan sarjana adalah orang-orang yang memiliki intelektual tinggi sehingga dikatakan sempurna. Beliau juga mengatakan, ketika saudara dinyatakan sebagai sarjana harus bersamaan dengan perilaku.

“Ketika 42 mahasiswa dinyatakan lulus, saya yakin saudara harus bisa menciptakan lapangan kerja karena telah dididik kurang lebih 4-5 tahun di Fakultas Teknik oleh para dosen. Dikatakan mengajar berarti mentransferkan ilmu dari dosen kepada mahasiswa. Dikatakan mendidik berarti dari dirinya menjadi contoh dan teladan, membina mental dan moral mahasiswa sehingga menjadi manusia yang berkualitas” jelasnya.

Baca Juga  Tips Sehat Pakai Toilet Umum

Lanjutnya seorang lulusan sarjana teknik jangan hanya berorientasi untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), tapi dapat menciptakan lapangan kerja yang inovatif dan kreatif. Prof Saptenno berharap, para lulusan dapat memiliki perubahan pola pikir (mindset) sehingga mampu bersaing di dunia kerja.

Dekan, Dr. Ir. W. R. Hetharia, M.App.Sc dalam sambutan mengatakan ini bukan akhir tapi awal dari sebuah perjuangan untuk berkarya di dunia industri. “Saya mau merubah mindset anda, Peluang kerja diluar sangat banyak, maka sumberdaya harus disipakan untuk menghadapinya”, katanya.

Dekan berharap para lulusan dapat memberikan yang terbaik bagi almamater Fakultas Teknik Unpatti serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk perkembangan kemajuan Bangsa Indonesia kedepan.

Mewakili lulusan, Rohni Natalin Damanik mengatakan, begitu banyak kesan yang didapat selama kurang lebih empat tahun dalam berjuang hingga menjadi sarjana di fakultas ini. Banyak ilmu yang kami dapatkan, belajar memahami kompetensi diri sendiri dan juga memahami orang lain.

Baca Juga  Wansosa, Lebah-Lebah Cantik Dari Tanah Sula

Dikatapan pula, banyak kenangan yang telah dilalui bersama baik kenangan manis maupun buruk terlebihnya teman-teman para asisten. Banyak hal yang kita lalui dalam Laboratorium tersebut menjadi kenangan yang akan diingat sampai kita tua nanti. Laboratorium ini menjadi saksi tempat kita berjuang bersama.

“Apabila suatu ketika didalam pekerjaan, kami membutuhkan bantuan, almamater masih memberikan kesempatan untuk kami berdiskusi terkait kompetensi bidang kerja kami. Semoga Fakultas Teknik semakin berjaya dan semakin maju”, harapnya

Acara dilanjutkan dengan pengukuhan lulusan oleh Dekan, pelepasan dan jaket almamater. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.