Iqbal Payapo Dorong Selat Valentine Jadi Destinasi Wisata Nasional

oleh -309 views
Link Banner

Porostimur.com | Piru: Sektor Pariwisata merupakan salah satu prioritas utama Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dalam upaya menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD). Oleh karena itu, Anggota DPRD Provinsi Maluku, M. Iqbal Payapo mengusulkan kepada Pemkab SBB agar mengajukan salah objek wisata yang ada di SBB, yakni Selat Valentine ke pemerintah pusat untuk dijadikan sebagai destinasi wisata nasional.

Usulan tersebut disampaikan politisi Partai Hanaura ini ketika menghadiri Festival Pulau, Teluk Valentine di Dusun Hahua, Pulau Buano, Ahad (6/6/2021).

Payapo bilang, pengembangan kepariwisataan daerah diperlukan sinergitas dari semua pemangku kepentingan yang terkait untuk meningkatkan pengembangan sumberdaya manusia maupun peningkatan ekonomi masyarakat.

Iqbal berharap, objek wisata tersebut bisa dikenal secara luas. Tagal itu, dia berharap Pemkab SBB mempersiapkan adanya akses, infrastruktur dan fasilitas yang membuat nyaman wisatawan, yang akan membuat poin plus bagi tempat wisata di daerah tersebut.

Selain itu, menurut Payapo, pengelola harus memiliki website yang representatif dan informatif.

Baca Juga  Christina, Kartini deng Nona-Nona Ambon Masa Kini

“Dengan menggunakan jasa pembuatan website profesional, untuk mempromosikan objek-objek wisata yang berada di Kabupaten SBB agar semakin banyak dikenal oleh pengunjung domestik maupun mancanegara yang mau berkunjung ke Selat Valentine” ujarnya.

Untuk diketahui, Selat Valentine merupakan salah satu tempat wisata alam dan ekowisata mangrove yang terletak di Desa Buano Utara, Kecamatan Huamual Belakang.

Bentuk geografisnya yang unik mempengaruhi kondisi air dalam selat, gelombang laut  disekitar Pulau Buano biasanya dikenal masyarakat sering berarus dan bergelombang tentu tidak demikian dengan keadaan air dalam selat ini.

Laut  yang tenang membuat selat ini laksana sebuah danau air tawar. Sehingga buat mereka yang ingin berenang , hobi mincing bisa membawa serta alat pancing karena laut disekitar pulau pun sering dijadikan tempat memancing, menyelam dan bermain wahana air seperti berperahu maupun jet ski  dapat dilakukan dengan nyaman tentunya .

Baca Juga  Bahas kamtibmas, Kapolda ”bacarita” dengan latupati se -Pulau Ambon

Selat Valentine juga pernah menempati urutan keempat dalam Event Anugerah Pesona Indonesia (API) Eward 2020 kategori surga yang tersembunyi.

Selain itu pesona selat Valentine juga  terletak pada barisan gunung, perbukitan hijau serta tebing-tebing batu yang berdiri  kokoh memisahkan daratan dengan lautan disepanjang 7,14 km selat ini.

Dinding batu yang membentang di salah satu sisi selat pintu masuk ke dalam yang terlihat laksana gerbang batu, juga turut menambah dramatis dan romantisnya pemandangan dalam selat ini. pasti pengunjung tidak akan berhenti berdecak keaguman.

Selat valintine terkenal akan keindahan alam bawah lautnya, beragam biota laut yang membuat mata tercengang, menariknya membuat pengunjung tidak perlu snorkeling terlalu dalam sudah menemukan fenomena eksotis.

Baca Juga  Patra Alam, Buruh yang Aktivis

Jika arus air disekitar pulau Buano yang biasanya dikenal masyarakat sering berarus dan bergelombang tidak demikian dengan keadaan air dalam selat ini.

Arus yang tenang dengan gelombang yang hampir tidak ada membuat selat ini laksana sebuah danau air tawar.

Sehingga buat pengunjung yang ingin berenang atau menyelam dan bermain wahana air seperti jet ski misalnya dapat dilakukan dengan nyaman di sini. (keket)

No More Posts Available.

No more pages to load.