Jokowi: PON 2020 di Papua, Arena Memperkuat Persatuan

oleh -168 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta – Presiden Joko Widodo mengatakan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan berlangsung di Papua pada tahun depan, serta Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) jangan sekadar dilihat sebagai ajang olahraga.

Lebih jauh, kata dia, PON 2020 dan Peparnas menjadi sarana menguatkan rasa kebersamaan.

“PON adalah arena kita bersama untuk merayakan keragaman, mempertebal semangat persaudaraan, kita sebagai bangsa dan arena memperkuat persatuan dan kesatuan,” katanya dalam pengantar rapat terbatas persiapan PON dan Peparnas di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 26 Agustus 2019.

Dilansir dari tempo.co.id, dalam rapat tersebut Jokowi meminta agar pembangunan infrastruktur, arena, hingga kesiapan akomodasi bagi para atlet dan official diselesaikan secepatnya.

Ia memerintahkan para menteri terkait dan gubernur untuk rajin melakukan evaluasi tentang masalah yang ditemui.

Baca Juga  SIEJ: Maluku Utara Butuh Protokol Penanganan Peliputan Covid-19

“Saya minta para menteri terkait, Gubernur Papua, untuk terus terjun langsung memantau dan mengecek perkembangan dan persiapan di lapangan,” tuturnya.

Selain itu, dalam pembangunan infrastruktur pendukung ini, Jokowi meminta agar tetap bisa digunakan pascapenyelenggaraan PON.

Jokowi meminta venue dan seluruh infrastruktur pendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 di Papua tetap dimanfaatkan setelah pesta olahraga nasional yang dihelat tahun depan itu selesai.

Jokowi tak ingin prasarana dan infrastruktur yang dibangun untuk menyambut PON serta Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2020 itu menjadi rusak serta tak terawat.

“Jangan sampai setelah pelaksanaan PON dan Peparnas prasarana olahraga yang sudah dibangun dengan biaya yang tidak sedikit justru tidak dimanfaatkan dan menjadi rusak dan tidak terawat,” ucapnya.

Baca Juga  Update Corona Ahad 12 April: Total 4.241 Orang Positif Covid-19

Jokowi secara spesifik juga memerintahkan Gubernur Papua untuk membuat rencana-rencana pemanfaatan sarana prasarana olahraga terutama untuk pembinaan anak-anak Papua.

“Saya yakin, tanah Papua akan lahirkan talenta-talenta yang hebat di bidang olahraga, termasuk sepak bola, atletik dan cabang lain,” kata Jokowi. (red/tempo)