Juhainah, Sosok yang Disebut Keluar Terakhir dari Neraka

oleh -43 views
Ilustrasi Juhaina yang membuat penghuni neraka menangis (www.freepik.com)

Neraka merupakan tempat siksaan di akhirat bagi manusia yang menentang syariat Allah serta mengingkari sunnah Rasulullah SAW. Semua orang tentu tidak ingin masuk ke dalamnya.

Menurut buku Gambaran Neraka Menurut Al-Qur’an dan Hadis oleh Roidah Bakri, Al-Qur’an menyebut neraka sebagai naar yang berarti api yang menyala. Mengenai neraka, nama Juhainah dikaitkan dengan orang yang terakhir keluar dari tempat meyeramkan tersebut.

Juhainah disebut sebagai sosok yang paling terakhir keluar dari neraka dan paling terakhir masuk surga. Sehingga, ketika namanya dipanggil, seluruh penduduk neraka menangis. Sebab, hal ini menandakan bahwa mereka yang tersisa akan kekal di dalam neraka.

Dalam buku Dahsyatnya Hari Kiamat karya Ibnu Katsir, kisah mengenai Juhainah diterangkan dalam sebuah hadits. Hal ini dikutip dari salah satu riwayat Imam Ad Daruquthni.

Baca Juga  Rilis Hasil Waskat dan Uji Petik Coklit Data Pemilih, Ini Fokus Bawaslu Tidore Kepulauan

“Para perawi dari Malik dan al-Khathib al-Baghdadi dari Abdul Malik bin Hakam, Malik menuturkan kepada kami dari Abdul Malik bin Hakam, Malik menuturkan kepada kami dari Nafi’ dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya, orang yang terakhir masuk surga adalah seorang lelaki dari suku Juhainah bernama Juhainah. Penghuni surga lalu berkata, ‘Juhainah memiliki kabar yang yakin. Tanyakanlah kepadanya, apakah masih ada yang tersisa dari para makhluk?’”

No More Posts Available.

No more pages to load.