Kampanye Pasar Aman di Pasar Langgur Maluku Tenggara

oleh -7 views
Link Banner

Porostimur.com – Langgur: Balai POM di Ambon bersama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Maluku Tenggara baru-baru ini, melakukan Kampanye Pasar Aman di Pasar Langgur dalam rangka program prioritas nasional Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK).

Pasar Langgur adalah pasar intervensi BPOM di Ambon dalam program PPABK tahun 2021 ini.

Melalui keterangan tertulisnnya yang diterima redaksi porostimur.com, Senin (8/11/2021), Kepala BPOM Ambon, Hermanto SSi Apt MPPM, mengatakan, kampanye ini merupakan sosialisasi aksi PPABK kepada komunitas pasar khususnya masyarakat sebagai konsumen untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan kemandirian komunitas pasar tentang keamanan pangan dan ikut dalam mengawasi bahan berbahaya (BB) yang disalahgunakan dalam pangan.

Baca Juga  Festival Teluk Ambon masuk 100 Calendar Wonderfull Indonesia

“Dalam kampanye ini komunitas pasar diberikan edukasi tentang bahan berbahaya dalam pangan mulai dari jenis BB, ciri-ciri produk pangan mengandung BB, pangan yang sering ditambahkan BB dan dampak buruk terhadap Kesehatan karena mengkonsumsi BB,” katanya.

Hermanto menghimbau agar pedagang tetap menerapkan prinsip hygiene sanitasi dalam menjual pangan serta tidak menggunakan bahan yang berbahaya yang dilarang pada pangan seperti boraks, formalin, metanil yellow dan rhodamin-B.

Selain itu masyarakat diminta juga menjadi konsumen cerdas dengan menerapkan Cek KLIK sebelum membeli produk, yaitu Cek Kemasan, Label, Ijin Edar dan Kadaluarsa.

Dengan kampanye ini diharapkan masyarakat sebagai konsumen di pasar mampu berperan aktif dalam pengawasan BB. (saad)

No More Posts Available.

No more pages to load.