Lantamal IX Ambon Komitmen Bebas Rokok

oleh -57 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Merokok dapat merusak kesehatan, penyakit jantung, saluran pernapasan dan penyakit kronis lainnya. Apalagi untuk pasien HIV – AIDS, efek rokok bisa dua kali lebih berbahaya pada tubuh.

Berkaitan dengan hal tersebut Komandan Lantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, S.T., M.M., melalui Rumkital dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX menggelar “Penyuluhan Bahaya Merokok dan Bahaya HIV – AIDS” dalam rangka memperingati Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut tahun 2019 dengan tema “Mewujudkan Prajurit dan Keluarga TNI Angkatan Laut Sehat, Untuk Mendukung SDM Unggul, Sebagai Pondasi Maju”. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Manggalaloka Lantamal IX. Rabu, (09/10/2019).

Dalam amanat Komandan Lantamal IX yang dibacakan Asisten Personel Danlantamal IX Kolonel Laut (S) Dede Suhendrawan pada acara penyuluhan kesehatan megatakan bahwa dimana Indonesia menjadi salah satu produsen dan konsumen rokok terbesar di dunia setelah Tiongkok dan India, sehingga tidak heran jika penderita penyakit tersebut banyak di tanah air.

Baca Juga  Untuk Jadi LIN, Pemprov Maluku Harus Kurangi Regulasi Yang Menghambat Investasi

Untuk itu, dihimbau kepada seluruh personel Lantamal IX untuk segera berkomitmen menghentikan kebiasaan merokok, jadilah contoh dan tauladan bagi keluarga terutama anak – anak, jika anak – anak kencanduan merokok maka satu langkah lagi anak anda akan kecanduan narkoba.

Lebih lanjut dikatakan tetang bahaya HIV – AIDS, dimana merupakan penyakit yang sangat berbahaya serta mempunyai implikasi politik, sosial, ekonomi dan hukum, bahkan mempunyai dampak nyata dan tanpa disadari dapat menghilangkan masa depan generasi muda.

Hal ini sama dengan orang yang terkena narkoba. Oleh karenanya, bahaya rokok dan HIV – AIDS merupakan ancaman potensial yang akan menghambat bahkan menghancurkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, bagi penderita yang terkena peyakit ini, diperlukan biaya yang sangat mahal dalam proses perawatan atau pengobatan. Tegas, Danlantamal IX.

Baca Juga  Kompolnas Sayangkan Adanya Dugaan Sikap Represif Oknum Polisi Terhadap Jurnalis di Ternate

Selaku narasumber bahaya merokok Kaur Rikkes Rumkital dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX ambon Lettu Laut (K) dr. Andika Agus Artanto, sedangkan narasumber bahaya HIV – AIDS Paur Kestra Diskes Lantamal IX Ambon Letda Laut (K) dr. Miftahul Anwar
Hadir dalam kegiatan Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Supriyono, Para Asisten Danlantamal IX, Para Kasatker Lantamal IX, Perwira, Bintara, Tamtama serta PNS Lantamal IX. (ebot)