Media AS Sebut Hamza, Putra Osama bin Laden Sudah Mati, Trump Bilang Begini

oleh -39 views
Link Banner

@porostimur.com | Washington DC: Amerika Serikat meyakini bahwa Hamza bin Laden, putra pemimpin al Qaeda yang dibunuh sekaligus tokoh penting dalam kelompok tersebut, tewas, kata seorang pejabat AS pada Rabu.

Pejabat tersebut, yang meminta identitasnya dirahasiakan, tidak memberikan informasi lebih lanjut soal kematian itu, termasuk kapan atau di mana Hamza tewas.

Seperti dilansir dari AFP, Kamis (1/8//2019), sayangnya tiga pejabat tersebut tidak memberikan informasi rinci mengenai waktu dan tempat putra Osama bin Laden itu meninggal dunia.

Sementara itu, kantor berita lainnya, The New York Times yang mengutip dua pejabat AS menyebut Hamza diduga terbunuh sejak 2 tahun terakhir dalam operasi yang melibatkan Amerika Serikat.

Link Banner

Presiden Donald Trump yang dikonfirmasi mengenai kabar tersebut menolak berkomentar.

Baca Juga  Cegah Covid-19, Polres Halsel Cek Suhu Tubuh Seluruh Personil

“Aku tidak mau berkomentar tentang itu,” katanya seperti dikutip dari AFP, Kamis (1/8).

Hamzah bin Laden dijuluki “putra mahkota jihad”. Departemen Luar Negeri AS menyatakan Hamzah sedang disiapkan menjadi pewaris kepemimpinan Al-Qaeda.

Pernyataan mereka buat berdasarkan dokumen yang disita dalam penggerebekan di rumah ayahnya di Abbottabad. Dalam sebuah pesan audio dan video yang  dikeluarkan beberapa waktu lalu, Hamzah menyerukan serangan ke Amerika Serikat dan negara-negara lain.

Seruan serangan disampaikan untuk membalas pembunuhan ayahnya oleh pasukan AS di Pakistan pada Mei 2011 lalu.

Berdasarkan laporan yang diterima media AS, putra bin laden itu diduga meninggal dunia jauh sebelum Departemen Luar Negeri AS mengumumkan hadiah US$1 juta atau Rp14,1 miliar untuk pemberi informasi mengenai keberadaan Hamza pada Februari 2019.

Baca Juga  Soal Papua, JK: Kadang Harga Diri Lebih Tinggi dari Infrastruktur

Sebelumnya, Departemen Luar Negeri AS menyatakan Hamza bin Laden tengah dicari lantaran dia menjadi pemimpin kunci sebuah kelompok milisi Islam.

Hamza bin Laden, yang diyakini berusia sekitar 30 tahun, ditetapkan secara resmi oleh AS sebagai teroris global pada dua tahun lalu.

Dia menikahi putri Mohammed Atta, pelaku pembajakan salah satu pesawat komersial yang digunakan dalam penyerangan 11 September 2001, dan menabrakkannya ke gedung World Trade Center di New York. (red)