Operasi Bersih di Arbes, Perhimpunan Kanal Kantongi Ratusan Kilogram Sampah

oleh -102 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dalam rangka memperingati Hari Air sedunia, Komunitas Pecinta Alam Perhimpunan Kreativitas Anak-anak Alam (KANAL) Ambon membersihkan wilayah Sungai Air Besar, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Senin (22/3/2021).

Pembersihan di fokuskan di sungai ini karena merupakan sumber bahan baku air bersih yang dikonsumsi masyarakat kota Ambon.

“Kita pembersihan sungai di Arbes ini karena arbes merupakan salah satu sumber air yang dikonsumsi oleh masyarakat kota Ambon,” kata Ketua Perhimpunan Kanal Maluku, M. Azis Tunny di kawasan Arbes Kota Ambo, Senin (22/3/2021).

Dia mengaku, dalam pembersihan berbagai macam sampah ditemukan di sungai mulai dari sampah plastik, pempres bayi hingga sampah yang susah sekali terurai.

Link Banner

“Sebagai sumber air yang dikonsumsi oleh warga sampah tersebut sangat tidak baik,” kata Azis.

Baca Juga  Jalin Sinergitas, Polres Kepulauan Sula & Kodim 1510/Sanana Makan Siang Bersama

Dia mengatakan, lokasi sungai ini juga sering dijadikan sebagai tempat mencuci maupun pemandian umum oleh warga, sehingga banyak sekali sampah yang berserakan.

Azis menyebutkan, dalam pembersihan tersebut mereka berhasil mengangkut ratusan kilo gram sampah plastik yang ditaruh dalam kantung plastik berukuran besar.

“Ada sebanyak 35 kantung plastik ukuran besar, semuanya berisi sampah yang hari ini kita angkut,” ujarnya.

Dia berharap, masyarakat bisa sadar untuk tidak membuang sampah di sungai, karena berdampak tidak baik bagi lingkungan sekitar.

Selain Pembersihan, Perhimpunan Kanal juga melakukan penanaman sebanyak 150 anakan pohon di daerah kawasan air besar.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Kreativitas Anak-Anak Alam (Kanal) Ambon, Alfian Sanusi mengatakan, sampah yang dipungut dari DAS yang juga tempat pemandian warga itu didominasi sampah plastik, berupa bungkus makanan dan minuman, bungkus deterjen dan sabun hingga popok bayi.

Baca Juga  Lima OPD di Eks Kantor Walikota Tidak Diberikan Dana untuk Bayar Tunggakan di PDAM

“Sebagian besar sampah yang dipungut dari jenis sampah plastik,” kata Alfian Sanusi disela kegiatan, Senin.

Jurnalis yang akrab disapa Ian ini menilai, sampah terhitung banyak. Ada 35 kantong sampah berukuran besar terisi penuh, dalam pembersihan yang dilakukan di sepanjang sungai.

Menurutnya, kesadaran pengunjung perlu didorong, salah satunya dengan aksi yang tengah dilakukan ini.

“Kami juga memasang plank himbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan,” cetusnya.

Lanjutnya, selain pembersihan daerah aliran sungai, di hari sebelumnya Perhimpunan Kanal melakukan penghijauan dengan menanam 150 bibit pohon.

Diantaranya, bibit pohon linggua, mahoni mangga dan jenis pohon samama.

“Ini dilakukan memperingati Hari Air Sedunia ini dan merupakan rangkaian kegiatan menyambut Milad Perhimpunan Kanal pada Mei mendatang,” tandasnya. (red)