Pemilu 2024 Digelar Serentak, Rumra: Banyak Yang Harus Disiapkan

oleh -132 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sesuai dengan usulan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 akan digelar serentak, maka Ketua Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Amir Rumra mengatakan banyak hal yang harus dipersiapkan untuk hal tersebut.

Pemilu serentak akan dilaksanakan bulan Februari atau Maret 2024, sedangkan Pilkada akan dilaksanakan di bulan November 2024.

Oleh karena itu, dilakukan rapat dengar pendapat untuk membahas permohonan bantuan anggaran penunjang Pemilu serentak tahun 2024, tahun anggaran 2022 di Ruang Rapat Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Selasa (25/5/2021).

Rumra mengatakan, pada bulan September 2021 juga sudah dilakukan persiapan tahap awal, karenanya perlu mempersiapkan banyak hal serta mengevaluasi persoalan-persoalan yang terjadi di pemilu tahun 2019.

“Jadi memang harus kita siapkan. Kita sudah lakukan evaluasi dari pemilu tahun 2019 dengan banyak persoalan yang terjadi, apalagi kita di Maluku dengan kondisi geografis yang sangat sulit. Jadi mudah-mudahan proses ini bisa dilakukan sehingga kedepannya kita menekan persoalan-persoalan yang terjadi dahulu, terutama terkait data pemilih yang selalu suket”, ujar Rumra

Baca Juga  Amir Rumra Apresiasi KPID Tertibkan TV Kabel di Maluku

Menurutnya, untuk mempersiapkan Pemilu serentak 2024 ini, ada banyak hal yang akan dilakukan. Salah satunya yaitu akan dilakukan semacam evaluasi di tingkat provinsi. Rumra mengatakan bahwa Komisi I DPRD Maluku akan mengakomidir untuk melakukan rapat koordinasi dengan semua KPU Kabupaten/Kota termasuk juga dengan Sekretaris Daerah (Sekda) untuk membicarakan langkah-langkah awal tahapan persiapan tersebut.

Untuk sarana prasarana dengan pendekatan digital, Rumra mengatakan akan mengundang Telkomsel, PLN, dan juga Infokom untuk membicarakan persoalan-persoalan yang terjadi, mengingat banyak wilayah di Maluku yang belum bisa mengakses internet. Dirinya juga berharap, agar semua proses ini dapat berjalan dengan baik tanpa ada persoalan-persoalan.

Sedangkan Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun mengatakan, KPU punya kepentingan untuk melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah daerah dan DPR untuk mendukung kebutuhan anggaran dan sarana prasarana dalam Pemilu serentak ini.

Baca Juga  Komisi I DPRD Maluku dan Pansel Gelar Rapat Terkait Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota KPID

“Sebagi sektor pelaksanaan kerja-kerja pemilu dan kerja-kerja pemilihan, KPU punya kepentingan untuk melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pemangku kepentingan. Salah satunya adalah pemerintah daerah dan DPR dalam rangka untuk mendukung kebutuhan anggaran, sarana prasarana, dan kegiatan sumber daya manusianya, sehingga di kesempatan ini kita diundang oleh Komisi I untuk membahas langkah-langkah strategis yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas penyelenggaraan itu, supaya bisa kita lakukan secara baik”, ungkapnya. (alena)

No More Posts Available.

No more pages to load.