Sekda Maluku: Perlu Persiapkan Prasarana Jelang Pemilu 2024

oleh -69 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Kasrul Selang meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempersiapkan dengan matang sarana prasarana menjelang pelaksanaan Pemilu dan Pilkada pada tahun 2024.

Hal ini dikatakannya kepada wartawan usai menghadiri rapat di Ruang Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Selasa (25/5/2021).

“Tadi dilaporkan bahwa kita akan pakai aplikasi, itu berarti kita harus sedia infrastruktur dan softwarenya. Pertanyaannya, infrastruktur dan jaringan internet kita siap tidak?”, ujar Sekda.

Ia memandang perlu langkah terobosan terkait dengan sarana prasarana karena berkaitan dengan tahapan pemilu dan pilkada serentak pada tahun 2024, seperti penyusunan regulasi, pengembangan aplikasi, infrastruktur dan jaringan.

Selang juga mengatakan, pemerintah daerah dalam hal ini, DPRD dan birokrat dengan eksekutif bertanggung jawab terhadap kehidupan berdemokrasi khususnya tentang partisipasi pada Pemilu ini. Untuk itu, pemerintah akan mendukung kerja-kerja dari pada komisioner.

Baca Juga  Danlantamal IX Ambon Pimpin Sidang Pantukhirda Caba Dan Cata PK TNI AL Gelombang II Tahun 2020

Meski demikian, menurutnya ada dua hal yang harus diperhatikan, yang pertama adalah regulasi-regulasinya dan yang kedua kemampuan keuangannya.

Terkait dengan anggaran Pemilu 2024, dirinya menuturkan bahwa belum ada anggaran untuk hal tersebut.

“Untuk Pilkada 2024 memang belum ada anggarannya, tetapi sebagai gambaran saja bahwa di tahun 2018 saja kita sudah menghibahkan kurang lebih 168 miliar. Berarti angkanya tidak beda jauh dari situ, dengan adanya pilkada serentak ini , bisa saja anggarannya naik atau turun. Kemudian ada yang mengusulkan kurang lebih 5,8 miliar untuk anggaran non pemilu, untuk prasarana, kegiatan SDM, infrastuktur dan lainnya. Itu akan kita bahas dengan komisioner dan akan kita laporkan kepada dewan yang terhormat”, tuturnya. (alena)