Permohonan PHPU Caleg PSI Dapil Maluku 1 Agustinus Pical Dinyatakan Gugur

oleh -218 views

Porostimur.com, Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) menjatuhkan ketetapan dalam perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (PHPU DPR dan DPRD) Tahun 2024 yang diajukan oleh calon anggota DPRD Provinsi Maluku Dapil Maluku 1 Nomor Urut 2, Agustinus Pical.

Sidang Pengucapan Putusan Nomor 10-02-15-31/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024 ini dilaksanakan pada Selasa (21/5/2024).

Mahkamah dalam pertimbangan hukumnya yang diucapkan oleh Hakim Konstitusi Arsul Sani mengungkapkan telah menerima permohonan bertanggal 23 Maret 2023 dan mengagendakan Sidang Pendahuluan pada Selasa, 30 April 2024 pukul 13.00 WIB.

Mahkamah telah melakukan pemanggilan secara sah dan patut namun sampai berakhirnya sidang, Pemohon tidak menghadiri persidangan tanpa alasan yang sah.

Baca Juga  Jubir Pemkot Bantah Pakaian Dinas Pj. Wali Kota Seharga Rp400 Juta

Berdasarkan fakta hukum tersebut, Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) pada 15 Mei 2024 telah berkesimpulan ketidakhadiran Pemohon pada Sidang Panel tanpa alasan yang sah meskipun telah dipanggil secara sah dan patut, menunjukkan tidak sungguh-sungguhnya Pemohon dalam mengajukan permohonan.

Dengan demikian, permohonan Pemohon harus dinyatakan gugur. Oleh karenanya dalam hal ini Mahkamah tidak perlu menyelenggarakan sidang untuk mendengarkan Jawaban Termohon, Keterangan Pihak Terkait dan Bawaslu karena dinilai tidak terdapat relevansinya.

No More Posts Available.

No more pages to load.