Ratusan Jemaah Haji Meninggal di Tengah Kondisi Panas Ekstrem Arab Saudi

oleh -10 views
Kondisi cuaca panas ekstrem di Arab Saudi membuat pelaksanaan ibadah haji 2024 jadi lebih berat buat jemaah. (AP/Rafiq Maqbool)

Porostimur.com, Makkah – Ratusan orang meninggal selama ibadah haji tahun ini di Arab Saudi karena suhu tinggi yang ekstrem. Dilaporkan AP, Kamis (20/6/2024), cuaca panas ekstrem yang terjadi di semua wilayah Arab Saudi termasuk di situs-situs suci Islam jadi masalah yang sangat besar buat para jemaah haji.

Di dunia maya, beredar laporan jumlah jemaah yang meninggal selama 5 hari pelaksanaan haji. Jumlahnya diperkirakan mencapai 550 orang. AP meyakini nama-nama yang ada dalam daftar tersebut tampak asli.

“Arab Saudi belum mengomentari jumlah korban tewas akibat panas selama ibadah haji. Namun, ratusan orang telah mengantre di Kompleks Darurat di lingkungan Al-Muaisem di Mekah, mencoba mendapatkan informasi tentang anggota keluarga mereka yang hilang,” sebut AP.

Kematian bukanlah hal yang tidak biasa di haji. Besarnya jumlah jemaah yang berangkat haji meningkatkan persentase kematian yang terjadi selama ibadah tersebut dilakukan.  

Baca Juga  Usut Kasus Ambon Plaza Kapolda Maluku Bentuk Tim Penyidik Gabungan

Belum lagi banyak jemaah haji datang dari berbagai negara berpenghasilan rendah. Alhasil, mereka datang ke Arab SAudi tanpa mendapat dukungan kesehatan yang baik.

“Banyak dari mereka yang hampir tidak mendapatkan perawatan kesehatan sebelum haji,” menurut sebuah artikel di edisi April Journal of Infection and Public Health.

No More Posts Available.

No more pages to load.