Rofik: Tarif Parkir Naik, Fasilitas & Keamanan Harus Jadi Prioritas

oleh -15 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sejak Senin (24/5/2021) tarif parkir untuk parkiran progresif di Kota Ambon mulai diberlakukan. Menanggapi kebijakan tersebut, Anggota DPRD Maluku, Rovik Akbar Afifudin mengatakan dengan terjadinya kenaikan tarif parkir maka fasilitas parkir dan juga keamanan kendaraan saat diparkir juga harus menjadi prioritas.

“Saya kira harus balancing, misalnya ketika Pemerintah Kota (Pemkot) ingin menaikan tarif parkir maka pertama fasilitas tetap harus menjadi prioritas, keamanan kendaraan yang diparkir dan yang paling penting adalah kita sudah harus bisa lebih terbuka dengan aktivitas ekonomi publik artinya sentra-sentra ekonomi itu harus dibuka lagi waktu operasionalnya, biar ada sinergi antara kebijakan itu dengan kebijakan ekonomi lainnya, karena kalau aktivitas ekonomi tidak digerakkan atau bergerak tidak stabil maka akan berpengaruh juga terhadap pendapatan masyarakat”, ujarnya di Ambon, Jumat (28/5/2021).

Baca Juga  Rofik: Pileg Jadi Pintu Masuk Untuk PPP di Pilkada 2024

Menurutnya, kebijakan Walikota Ambon terhadap kenaikan tarif parkir ini sangat berpengaruh dengan kondisi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkot Ambon.

Afifudin menjelaskan, dalam aturannya ketika retribusi itu ditarik, misalnya retribusi parkir maka harus dikembalikan ke masyarakat dalam bentuk program, yang terpenting yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah transparansi terhadap retribusi tersebut. Ini yang harus disosialisasikan.

“Publik juga butuh transparansi, misalnya hasil retribusi ini jumlahnya berapa dan dipakai untuk apa? itu harus dijelaskan, sehingga masyarakat ketika membayar parkir, mereka sudah tahu ini akan kemana. Jadi Dinas Perhubungan tidak hanya mensosialisasikan bahwa tarif parkir mengalami kenaikan tapi juga harus menjelaskan kenapa naik? dan ketika naik apa yang dilakukan supaya publik juga tidak bertanya-tanya”, tandasnya.

Baca Juga  Kiat Gaya Praktis Agar Pria Terlihat Lebih Jantan

Terkait kebijakan tarif parkir zona strategis yang dikenai tarif progresif yang berubah setiap jamnya, Sekretaris Komisi III DPRD Maluku ini berujar, bahwa kebijakan tersebut dibuat untuk mengurangi kemacetan dan karena parkir merupakan sumber pendapatan yang potensial, sehingga menurutnya yang harus dilakukan Pemkot ialah meningkatkan manajemen pengelolaannya dan transparansi terhadap retribusi parkir tersebut. (alena)

No More Posts Available.

No more pages to load.