Sejumlah Pelayaran di Maluku Terdampak Cuaca Buruk

oleh -10 views

Porostimur.com, Ambon – Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Maluku menyatakan sejumlah pelayaran antarpulau di Maluku tertunda atau tidak beroperasi sebagai dampak dari cuaca buruk.

Penyeberangan yang tidak beroperasi karena cuaca buruk tersebut yakni penyeberangan melalui Pelabuhan Penyeberangan Galala Ambon, Pelabuhan Penyeberangan Namlea dan Pelabuhan Penyeberangan Tual.

“Dari semalam sudah dapat peringatan dan tidak beroperasi untuk Pelabuhan Galala, Namlea dan Tual,” kata Pengolah Data Kehumasan dan Publikasi BPTD Maluku, Mohammad Fausan Salatalohy, di Ambon, Senin, 24 Juli 2023.

Fausan menjelaskan tiga kapal penyeberangan tersebut dihentikan berdasarkan informasi terbaru oleh Badan Meteorolgi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Ambon Nomor : ME.01.02/101/KAMB/VII/2023, berlaku sejak 23 Juli 2023 pukul 09.00 WIT hingga 25 Juli 2023 pukul 09.00 WIT.

Baca Juga  BPBD Kota Ambon Susun Rencana Penanggulangan Bencana

“Penghentian pelayaran ini berlaku hingga 25 Juli 2023. Jadi bisa dipastikan tiga lintasan tersebut tidak beroperasi selama tiga hari itu juga,” jelasnya.

Fausan mengaku kapal tersebut akan kembali diberangkatkan jika informasi terbaru dari BMKG keluar bahwa kondisi gelombang sudah kembali sedang atau rendah.