Soal Perpanjangan Waktu Vaksinasi Tahap II, Pemkot Ambon Tunggu Arahan Pusat

oleh -69 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pemerintah Kota Ambon masih menunggu arahan dari Pemerintah Pusat (Pempus) dalam hal ini Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Nasional untuk memperpanjang waktu vaksinasi massal tahap kedua yang telah berakhir pada Senin (31/5/2021) kemarin.

“Kita tunggu arahan dari Jakarta. Kalau Jakarta memberikan arahan untuk bisa lanjut, kita lanjut. Kalau tidak yah kita berhenti,” ujar Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, kepada para jurnalis, Selasa (1/6/2021) di Ambon.

Walikota menjelaskan, belum dilanjutkannya vaksinasi tidak berkaitan dengan stok dosis vaksin yang dimiliki pemerintah kota. Pemkot menurutnya masih memiliki stok vaksin, di mana untuk tahap kedua ini vaksin yang digunakan adalah AstraZaneca.

“Sampai hari ini di kota Ambon dosis vaksin yang tersedia sebanyak 2700 dosis. Tapi yang ikut daftar untuk vaksin dihari terakhir mencapai 2400 orang. Saya optimis dan sudah tegaskan ke ibu Kadis Kesehatan, kalau sudah sampai 2700 orang stop dan nanti akan kita lihat pada tahap berikutnya,” ungkapnya.

Louhenapessy menargetkan, vaksinasi akan dilakukan hingga mencapai 60-70 persen populasi di Kota Ambon pada Desember mendatang, yaitu sebanyak 70 ribu jiwa.

Baca Juga  Peluang Anies Baswedan Jadi Presiden 2024 Semakin Terbuka Lebar, Ini Analisanya

Walikota menambahkan, berbicara mengenai vaksin, juga memiliki keterkaitan dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang berefek pada persoalan anggaran yang dikeluarkan pemerintah kota serta pertanggung jawabannya.

“Kita bertindak sesuai dengan pemeriksaan. Jadi kalau kita ambil langkah, nanti BPK minta wah ini, petunjuk dari mana. Kan bisa jadi temuan. Maka nanti kita lihat petunjuk dari Jakarta,” tegasnya. (nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.