Sultan Tidore Dukung Penulisan Buku Empat Kesultanan dan Situs Warisan Dunia

oleh -43 views

Porostimur.com, Tidore – Setelah mendapat dukungan Sultan Ternate soal Penulisan Sejarah Empat Kesultanan dan Usulan Maluku Utara sebagai Situs Warisan Dunia yang digagas Ikatan Cendekiawan Muslim se Indonesia (ICMI) ORWIL Maluku Utara, giliran Sultan Tidore juga memberikan dukungan penuh.

Hal ini disampaikan Sultan Tidore, Husain Alting saat menerima audience pengurus ICMI ORWIL Maluku Utara yang dipimpin Kasman Hi. Ahmad, di Kedaton Kesultanan Tidore, Minggu (17/12/2023).

Menurut Sultan Tidore, apa yang dilakukan ICMI tersebut sebagai upaya membangun kesadaran bagi masyarakat Maluku Utara umumnya dan generasi muda khususnya. Karena selama ini sejarah tentang Empat Kesultanan ditulis berdasarkan penulis luar. Meski tidak menafikan penulis-penulis lokal namun masih sangat terbatas.

Baca Juga  Harga Telur Ayam Ras Segar di Maluku Utara Termahal Nasional

”Kita patut memberikan apresiasi beberapa para penulis lokal yang telah menulis tentang kesultanan yang ada di Maluku Utara, namun harus ada yang menulis dengan melacak sumber sumber yang tersebar sehingga banyak khasanah yang bisa diangkat,” ungkap Sultan

”Saya mendukung secara moril dan InsyaAllah upaya yang dilakukan ICMI ini sebagai bentuk legacy bagi Maluku Utara,” tambah Sultan.

Sementara menurut Kasman, penulisan sejarah empat Kesultanan akan ditulis tidak seperti buku sejarah, tapi ada sisi lain yang perlu diungkap yang selama ini tidak terpublis.

No More Posts Available.

No more pages to load.