Sultan Tidore Dukung Penulisan Buku Empat Kesultanan dan Situs Warisan Dunia

oleh -32 views

Porostimur.com, Tidore – Setelah mendapat dukungan Sultan Ternate soal Penulisan Sejarah Empat Kesultanan dan Usulan Maluku Utara sebagai Situs Warisan Dunia yang digagas Ikatan Cendekiawan Muslim se Indonesia (ICMI) ORWIL Maluku Utara, giliran Sultan Tidore juga memberikan dukungan penuh.

Hal ini disampaikan Sultan Tidore, Husain Alting saat menerima audience pengurus ICMI ORWIL Maluku Utara yang dipimpin Kasman Hi. Ahmad, di Kedaton Kesultanan Tidore, Minggu (17/12/2023).

Menurut Sultan Tidore, apa yang dilakukan ICMI tersebut sebagai upaya membangun kesadaran bagi masyarakat Maluku Utara umumnya dan generasi muda khususnya. Karena selama ini sejarah tentang Empat Kesultanan ditulis berdasarkan penulis luar. Meski tidak menafikan penulis-penulis lokal namun masih sangat terbatas.

Baca Juga  KPK: Penyuap Gubernur Malut akan Diadili di Ternate

”Kita patut memberikan apresiasi beberapa para penulis lokal yang telah menulis tentang kesultanan yang ada di Maluku Utara, namun harus ada yang menulis dengan melacak sumber sumber yang tersebar sehingga banyak khasanah yang bisa diangkat,” ungkap Sultan

”Saya mendukung secara moril dan InsyaAllah upaya yang dilakukan ICMI ini sebagai bentuk legacy bagi Maluku Utara,” tambah Sultan.

Sementara menurut Kasman, penulisan sejarah empat Kesultanan akan ditulis tidak seperti buku sejarah, tapi ada sisi lain yang perlu diungkap yang selama ini tidak terpublis.

Dan ini akan dimatangkan oleh tim riset ICMI. Menurut Kasman, dukungan empat Kesultanan sangat penting sebagai langkah awal upaya penulisan.

“Setelah ini, kita juga akan membangun komunikasi dan meminta dukungan Kesultanan Jailolo dan Bacan, ” Jelas Kasman.

Baca Juga  Polda Maluku Utara Gagalkan Penyelundupan 110 Kantong Cap Tikus Asal Halbar

Yang jelas, tambah Kasman, penulisan empat kesultanan ini akan dimulai dengan riset yang serius. Pertemuan ICMI ORWIL dan Sultan Tidore, selain dihadiri Pengurus ICMI antara lain Sekretaris ICMI ORWIL Herman Oesman, Ketua bidang Murid Tonirio, Wakil Sekretaris Ali Lating dan Syarifuddin Usman, juga ikut hadir ketua ICMI ORDA Tidore Kepulauan, Sekretaris dan sejumlah Pengurus serta Ketua ICMI ORDA Kabupaten Pulau Morotai, Irfan Hi. Abdurrahman yang juga Rektor Universitas Pasifik Morotai.

Penulisan sejarah empat Kesultanan dan pengusulan Maluku Utara sebagai Situs Warisan Dunia adalah tindakan lanjut dari Peluncuran dan Bedah Buku Mozaik Rempah yang dilaksanakan pada 6 Desember 2023 menghadirkan cendekiawan Prof.Yudi Latif dan Basri Amin sebagai pembedah. (red/mctidore)

Baca Juga  5 Caleg Suara Terbanyak se-Indonesia: Brigitta Lasut Salip Puan Maharani

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.