Tour de Halmahera Etape Jailolo – Sofifi dalam rangka HUT TNI Sukses Digelar

oleh -41 views
Link Banner

Porostimur.com – Jailolo: Kegiatan bersepeda yang dikemas dalam tema “Tour de Halmahera” etape Jailolo-Sofifi dalam rangka HUT TNI Ke-76 sukses digelar, Minggu (10/10/2021).

Kegiatan yang diikuti oleh 97 goweser nasional dan lokal Maluku Utara termasuk di dalamnya Danrem 152/Baabullah Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito, S.I.P., M.Si serta diikuti oleh sejumlah komunitas sepeda baik dari wilayah Ternate, Halbar dan Halut.

Kegiatan diawali dengan pengecekan tensi dan suhu tubuh serta sehari sebelumnya seluruh peserta dan pendukung dilakukan Rapid Test Antigen guna mencegah penyebaran Covid-19.

Para peserta start dari Mako Yonif RK 732/Banau selanjutnya bergerak menuju ke Utara menempuh rute bervariasi yang didominasi tanjakan dan turunan terjal dengan elevasi diatas 40⁰, namun dengan kesiapan tim pendukung sehingga kegiatan berjalan aman dan lancar.

Sepanjang perjalanan para pegowes terlihat bersusah payah menaklukan beberapa tanjakan legendaris diantaranya tanjakan gunung manyasal yang memiliki elevasi 35⁰ sepanjang 2 Km, selanjutnya tanjakan “panta kapal” dengan elevasi 40⁰ sepanjang 500m, bahkan ada beberapa pesepeda yang harus menyerah dan turun menuntun sepedanya hingga puncak tanjakan.

Baca Juga  Korem 152/ Babullah Gelar Penyuluhan Hukum di Satuan Jajaran

Perjalanan yang hampir memakan waktu 6 jam, dengan 2 kali pitstop antara lain di Polsek Jailolo Selatan dan SMAN 5 Halbar serta dalam kesempatan tersebut menyempatkan diri untuk memberikan bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu.

Sekira pukul 13.00 WIT para peserta berhasil menyentuh garis finish di Kisus Yonif RK 732/Banau, selanjutnya istirahat dan pembagian doorprize dengan hadiah utama 1 unit kendaraan sepeda motor.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Danrem 152/Baabullah Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito, S.I.P., M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka HUT TNI Ke-76 serta guna membumikan kegiatan bersepeda sebagai olahraga yang murah dan dapat dilakukan siapapun yang bermanfaat meningkatkan imun tubuh dan kesehatan selain itu juga sebagai ajang silaturahmi sesama pecinta olahraga sepeda dari seluruh Maluku Utara, kegiatan Tour de Halmahera ini tidak sampai disini kedepan kita akan melanjutkan etape selanjutnya bain Sofifi-Weda, Sofifi-Tobelo, Wasile-Maba dan Rute Halmahera Selatan.

Baca Juga  Danrem Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Danyonif Raider Khusus 732/Banau

Kegiatan ini terbuka untuk siapa saja yang memiliki minat dan hobi bersepeda dengan tentu saja akan melewati protokol kesehatan terlebih dahulu. (adhy)