5 Fakta Menarik Umar bin Hafidz, Salah Satu Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

oleh -14 views

Sosok Umar bin Hafidz merupakan ulama asal Yaman yang telah beberapa kali melakukan kunjungan ke Indonesia. Tak heran jika namanya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat muslim Tanah Air.

Pria bernama lengkap Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz ini lahir di Tarim, Hadramaut, salah satu kota tertua di Yaman . Selain aktif berdakwah dirinya juga merupakan pimpinan Sekolah Dar-al Musthafa dan berbagai sekolah lain yang telah dibangun di bawah manajemennya.

5 Fakta Menarik Umar bin Hafidz:

1. Menghafal Al Qur’an sejak Kecil

Diketahui jika Umar telah mampu menghafal Al Qur’an ketika masih kecil. Tidak hanya itu, dirinya juga kerap menghafal berbagai teks lain, seperti fiqih dan hadits.

Baca Juga  Masuk Kalender KEN 2024, Festival Banda Naira Bakal Digelar November Mendatang

Melalui ilmu-ilmu agama inilah dirinya masuk dalam lingkaran keilmuan yang beraliran sama dengan banyak ulama-ulama tradisional seperti Muhammad bin ‘Alawi bin Shihab dan al-Shaikh Fadl Baa Fadl.

2. Keturunan Nabi Muhammad SAW

Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz yang dilahirkan pada hari Senin, 27 Mei 1963 diketahui masih memiliki darah Nabi Muhammad SAW dalam dirinya.

Beliau adalah al-Habib ‘Umar, anak dari Muhammad, cucu dari Salim, buyut dari Hafiz, cicit dari Abd-Allah, keturunan Abi Bakr, cucu dari ‘Aidarous, leluhur dari al-Hussain, dan turunan dari al-Shaikh Abi Bakr. Ia juga keturunan dari Salim, cicit dari ‘Abd-Allah, cicit dari ‘Abd-al-Rahman, cicit dari ‘Abd-Allah, dan cucu dari al-Shaikh ‘Abd-al-Rahman al-Saqqaf.

Baca Juga  3 PPK Sulabesi Barat Tak Hadiri Rapat Pleno, KPU Kepulauan Sula Minta Polisi Jemput Paksa

3. Ayahnya Diculik Komunis

Terdapat kisah yang menyebutkan jika ayah Umar yang merupakan seorang pendakwah, diculik oleh golongan komunis setelah sholat Jum’at. Sejak saat itu ayahnya sudah tak pernah terlihat lagi.

Dari sini Umar menganggap bahwa tanggung jawab untuk meneruskan pekerjaan yang dilakukan ayahnya dalam bidang dakwah harus dilanjutkan. Sejak saat itu, ia mulai mengumpulkan orang-orang dan membentuk majelis-majelis dakwah.

4. Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Dalam The Muslim 500, nama Umar bin Hafidz masuk ke dalam daftar muslim paling berpengaruh di dunia. Umar berada di posisi 11, tepat di bawah Mohammed bin Salman yang menempati posisi 10.

Membuktikan bahwa dirinya merupakan salah satu pendakwah populer di dunia. Namun kepopuleran dan ketenaran yang didapat oleh Umar tidak mengurangi usaha pengajarannya.

Baca Juga  Utak-atik Politik ala Jokowi

5. Pertama ke Indonesia di Tahun 1994

Ulama asal Yaman ini pertama kali ke Indonesia pada tahun 1994. Kala itu, dia diutus oleh Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf yang berada di Jeddah untuk mengingatkan dan menggugah ghirah (semangat atau rasa kepedulian) para Alawiyyin Indonesia.

Ketika di Indonesia, Umar sudah beberapa kali membuat kerjasama dengan berbagai pihak bahkan pemerintah Indonesia. Kunjungan terbarunya ke Tanah Air sendiri terjadi pada tahun 2023, tepatnya di Kota Palangkaraya.

sumber: sindonews

No More Posts Available.

No more pages to load.