AJI Ternate Gelar Pelatihan Prebunking Cekfakta untuk 25 Jurnalis

oleh -24 views

Porostimur.com, Ternate – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Ternate, Maluku Utara, berkolaborasi dengan Google News Initiative menggelar training prebunking cek fakta bagi 25 jurnalis terpilih se-Malut selama 2 hari dimulai pada 9-10 Maret 2024 di Hotel Grand Majang.

Training ini, menghadirkan trainer cek fakta dan prebunking AJI Indonesia Adi Marsiela dan Artika Rachmi Farmita dari Tempo.co yang mengulas pentingnya mengenali berita hoaks, indikasi pelaku dan tips menghentikan penyebarannya.

Adi Marsiela dan Artika menjelaskan sekaligus memberi praktek kepada jurnalis mengenai perbedaan konten prebunking dan debunking serta memberi praktek langsung membuat video pre-debunking.

Prebunking adalah metode atau tindakan proaktif untuk mencegah atau mengantisipasi sebelum menyebarkanya berita hoaks, disinformasi, maupun ujaran kebencian. Sedangkan, debunking adalah upaya kontra narasi yang dilakukan seseorang atau lembaga untuk melawan hoaks dengan melakukan pengecekan fakta.

Baca Juga  Honda Indonesia Jual 6.507 Mobil Sebulan, Separuhnya Disumbang Brio

Ketua AJI Ternate, Ikram Salim kepada Poristimur.com, mengatakan, pelatihan itu bertujuan meningkatkan kapasistas jurnalis sebagai pilar penting dalam memberi edukasi masyarakat dengan konten jurnalistik digital berkualitas.

No More Posts Available.

No more pages to load.